Jakarta (ANTARA) - China mengerahkan rangkaian satelit Gaofen untuk membantu upaya bantuan usai gempa bermagnitudo 6,8 di Provinsi Sichuan, China barat daya, menurut situs web lembaga penyiaran milik negara tersebut, China Central Television (CCTV).

Lebih dari 10 satelit dikerahkan untuk mengambil gambar wilayah-wilayah yang terdampak gempa 10 menit setelah gempa tersebut mengguncang wilayah Luding, Sichuan, pada Senin (5/9) pukul 12.52 waktu setempat, termasuk satelit Gaofen-3 01/02/03, satelit Gaofen-1 D, dan satelit Gaofen-1, menurut Pusat Data dan Sistem Observasi Bumi Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA).

Satelit Gaofen-3 mendapatkan gambar-gambar yang diambil oleh radar apertur sintetis (synthetic aperture radar/SAR) dari area-area yang diguncang gempa pada pukul 19.11 waktu setempat, yang membantu para pakar menganalisis data dan mempelajari lebih lanjut tentang situasi kerusakan di area-area tersebut.

CNSA akan terus menggunakan satelit sipil maupun komersial untuk mendukung upaya pencegahan dan bantuan bencana, serta memberikan dukungan informasi spasial untuk pemantauan bencana dan pengambilan keputusan. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022