Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Bupati Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat berupaya mengembangkan destinasi wisata baru "Savana Lembak Paradise" rumput hijau di ujung timur Bendungan Batujai Kota Praya untuk pertumbuhan UMKM.

"Kita berharap masyarakat lebih giat untuk berkreasi dalam mengelola potensi wisata dadakan di area Bendungan ini untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi atau UMKM yang dikelola masyarakat," kata Bupati Lombok Tengah, H Lalu Pathul Bahri di Praya, Jumat.

Ribuan Aparatur Sipil Negera (ASN) menggelar senam pagi bersama di area wisata Savana Lembak Paradise di Kelurahan Semayan, Kecamatan Praya, Kabupaten Lombok Tengah, pukul 07.00 Wita.

"Ini bentuk komitmen pemerintah daerah untuk terus mendukung pengembangan potensi pariwisata di Lombok Tengah," katanya.

Wisata dadakan ini bisa dikunjungi saat musim kemarau tiba atau ketika air Bendungan berkurang, sehingga pihaknya akan melakukan koordinasi ke depan, supaya potensi ini dikemas dengan baik. Lokasi ini merupakan milik Balai Wilayah Sungai, sehingga untuk bisa mengelolanya tentu harus ada izin dari BWS.

"Hasil dari wisata bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan mendukung pengembangan pariwisata di Lombok Tengah," katanya.

Untuk diketahui, spot wisata swafoto yang ditawarkan di savana rumput hijau ujung timur Bendungan Praya itu yakni para pengunjung bisa menikmati sunset, burung bangau, pesawat, perahu dan wisata kuda, serta camping ground.

Para wisatawan yang akan berkunjung ke kawasan tersebut, cukup membayar uang parkir sesuai tarif yang telah ditetapkan untuk roda dua Rp3000-Rp5000 dan kendaraan roda empat Rp7 ribu-10 ribu.
 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2022