Jakarta (ANTARA) - Industri mobil China mengalami pertumbuhan yang kuat dalam produksi dan penjualan pada Agustus meskipun adanya wabah COVID-19, demikian menurut data industri pada Jumat (9/9).

Pasar mobil terbesar di dunia itu memproduksi sebanyak 2,4 juta unit mobil dan menjual 2,38 juta unit pada bulan lalu, naik masing-masing 38,3 persen dan 32,1 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut data dari Asosiasi Manufaktur Mobil China (China Association of Automobile Manufacturers).

Dalam delapan bulan pertama tahun ini, output mobil mencapai 16,97 juta unit, naik 4,8 persen (yoy). Penjualan mobil mencapai 16,86 juta unit, naik 1,7 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021.

Secara terperinci, pasar kendaraan penumpang di China terus mendapat manfaat dari kebijakan pajak pembelian preferensial. Produksi dan penjualan kendaraan penumpang pada Agustus masing-masing melonjak 43,7 persen dan 36,5 persen 9 (yoy).

Pasar kendaraan komersial pada Agustus melaporkan pertumbuhan (yoy) pertama dalam produksi dan penjualan sejak April 2021. Asosiasi tersebut memperkirakan bahwa tren pertumbuhan dapat berlanjut berkat peningkatan infrastruktur.

Kendaraan energi baru (new energy vehicle/NEV) juga terus berkembang pesat. Pada Agustus, produksi dan penjualan NEV masing-masing mencapai 691.000 unit dan 666.600 unit.

Kedua angka tersebut, keduanya merupakan rekor tertinggi secara bulanan, masing-masing melonjak 1,2 kali lipat dan 1 kali lipat selama Agustus 2021.

Dari Januari hingga Agustus, produksi NEV mencapai 3,97 juta unit, sedangkan penjualan mencapai 3,86 juta unit, masing-masing meningkat 1,2 kali lipat dan 1,1 kali lipat (yoy).

Industri mobil telah menjadi mesin penting untuk mendorong pertumbuhan konsumsi di China.

Untuk memacu penjualan NEV, Dewan Negara China telah memutuskan untuk memperpanjang pembebasan pajak pembelian kendaraan untuk NEV hingga akhir 2023. Kementerian Transportasi negara itu mengatakan bahwa pemasangan fasilitas pengisian daya di sepanjang jalan juga akan dipercepat.

Dalam beberapa bulan mendatang, pasar kendaraan penumpang dan NEV mungkin mempertahankan pertumbuhan yang kuat, menurut perkiraan asosiasi tersebut, mengutip efek gabungan dari kebijakan pendukung dan musim penjualan tinggi tradisional.

Pewarta: Xinhua
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022