Beberapa program PMI Kota Bogor seperti "goes to school", termasuk pada tahun 2022 yakni "goes to campus" sedang ditingkatkan untuk mencapai target tersebut
Bogor (ANTARA) - Universitas Nusa Bangsa (UNB) Bogor menjalin kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bogor, Jawa Barat untuk program donor darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik di Kota Bogor maupun juga Kabupaten Bogor, yakni dalam bentuk program "Goes to Campus".

Penandatanganan nota kesepahaman (MoU) kerja sama tersebut, dalam taklimat media yang dikutip dari Humas UNB di Bogor, Ahad (11/9) 2022, telah ditandatangani oleh kedua pimpinan, yaitu Rektor UNB Dr Ir Yunus Arifien, M.Si dengan Ketua PMI Kota Bogor, Edgar Suratman.

Pada hari Sabtu (20/8) 2022 penandatanganan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Rektorat UNB.

Disebutkan bahwa tujuan utama MoU kerja sama itu adalah bersinergi terkait dengan program donor darah dan mengaktifkan pembinaan relawan Korps Sukarela (KSR) PMI Kota Bogor.

Pada saat bersamaan, dalam rangka HUT PMI ke-77, PMI Kota Bogor bekerja sama dengan UNB juga melaksanakan seminar kesehatan dengan tema "Donor Darah Dalam Pemberdayaan Masyarakat" secara hibrida.

Narasumber yang dihadirkan yaitu Edgar Suratman, Wakil Rektor III UNB Dr Karmanah, SP, M.Si dan Kepala UDD PMI Kota Bogo dr Wisnu Hendratmoyo.

Pada acara seminar tersebut dipaparkan latar belakang mengapa donor darah penting, manfaat donor darah, peran masyarakat dalam membantu menyadarkan masyarakat untuk aktif donor darah.

Dalam kesempatan itu juga disebutkan bahwa target PMI Kota Bogor dalam satu hari terkait donor darah adalah minimal 200 kantong darah untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, baik di Kota Bogor dan juga Kabupaten Bogor.

Oleh karena itu, beberapa program PMI Kota Bogor seperti "Goes to School", termasuk pada tahun 2022 yakni "Goes to Campus" sedang ditingkatkan untuk mencapai target tersebut.

Dengan program itu, PMI Kota Bogor mengharapkan dapat diizinkan rutin hadir ke kampus UNB dua bulan sekali untuk kegiatan donor darah.

Baca juga: Ketua DPRD Kota Bogor donor plasma konvalesen bantu pasien COVID-19

Baca juga: PMI: sukarelawan sudah mewakafkan diri untuk kemanusiaan

Baca juga: RS PMI Bogor diharapkan jadi pusat riset kesehatan

Baca juga: Mahasiswa ITTP kembangkan aplikasi informasi donor darah

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022