Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pelatih Persib Bandung Luis Milla menyebut kehadiran Beckham Putra menjadi kunci timnya berhasil membalikkan keadaan dan menang 2-1 atas Arema FC dalam lanjutan Liga 1 Indonesia di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Minggu.

Persib harus memasuki ruang ganti kala jeda antarbabak dalam keadaan tertinggal 0-1 dari tuan rumah, lantaran gol yang dicetak oleh Dedik Setiawan.

Milla mengaku bahwa Arema tampil lebih baik dibandingkan timnya di babak pertama, lantaran skema awal yang ia terapkan yakni berupaya memaksakan kekuataan di sektor sayap lewat umpan dan penetrasi ke depan tidak berjalan dengan baik.

Juru taktik asal Spanyol itu mengambil keputusan mengubah pola permainan dengan memasukkan Beckham agar Persib lebih leluasa memainkan bola dari poros tengah.

"Di babak kedua, saya memasukkan pemain baru. Beckham bisa menambah penguasaan bola. Artinya, bisa menahan bola kemudian mengalihkan perhatian dan akhirnya mendapatkan peluang," kata Milla dalam jumpa pers selepas pertandingan.

Baca juga: Arema FC buang keunggulan saat dibungkam Persib Bandung 1-2

Perubahan yang dilakukan Milla membuahkan hasil sebab Beckham hanya butuh waktu empat menit sejak babak kedua dimulai untuk mencetak gol penyama kedudukan.

Persib bahkan mampu mengoptimalkan peluang yang mereka peroleh demi mengunci raihan tiga poin penuh lewat gol David da Silva dua menit jelang bubaran waktu normal.

"Memang di babak kedua kami diserang, tapi kami punya pemain kunci yang bisa memanfaatkan peluang secara maksimal," kata Milla.

Beckham berterima kasih atas kepercayaan Milla dan kesempatan untuk merumput lagi setelah sempat menepi lama akibat cedera yang dideritanya.

Gelandang berusia 20 tahun itu menegaskan bahwa kemenangan atas Arema menjadi modal penting bagi Pangeran Biru menyongsong pertandingan berikutnya.

"Ini pertandingan penting bagi kita. Ini modal bagus untuk melawan Barito. Saya berharap bisa lebih baik lagi karena sudah lama cedera. Saya senang cetak satu gol dan berikan yang terbaik untuk Persib," ujar Beckham.

Kemenangan atas Arema mengantarkan Persib merangsek naik ke posisi kedelapan klasemen sementara dengan koleksi 13 poin.

Persib akan menjamu Barito Putera di Stadion Gelora Bandung Lautan Api dalam pertandingan selanjutnya pada Jumat (16/9).

Baca juga: Javier Roca bakal benahi mental dan fisik skuad Singo Edan
Baca juga: Arema FC kembali disanksi denda akibat flare


Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022