Beijing (ANTARA) - Satelit Zhongxing-1E berhasil memasuki orbitnya guna memberikan pelayanan jasa telekomunikasi dan siaran televisi berkualitas tinggi dan meluncur bersama roket Long March-7A dari stasiun peluncuran luar angkasa di Wenchang, Provinsi Hainan, China, Selasa (13/9) malam.

Long March-7A merupakan roket tertinggi dari keluarga Long March.

Ini merupakan misi yang keempat peluncur berukuran sedang generasi terbaru dan teknologi roket jenis ini akan lebih dioptimalkan, demikian pernyataan China Academy of Launch Vehicle Technology (CALVT) selaku pengembang roket tersebut.

Kepala tim perancangan roket, Wei Yuanming, mengatakan bahwa proses peluncuran yang lebih singkat dari 31 hari menjadi 26 hari akan mampu menjawab permintaan tingginya peluncuran roket pada masa-masa mendatang.

Pemangkasan waktu lima hari tersebut mencakup perakitan dan uji coba yang lebih disederhanakan prosesnya.

Roket Long March-7AY5 berdiameter 4,2 meter dan panjang 60,1 meter sama dengan roket Y2 yang diluncurkan pada 12 Maret 2021.

Wei menambahkan bahwa Long March-7A juga memiliki jumlah modul paling banyak di antara roket generasi terbaru China karena terdiri dari empat booster.

Penempatan satelit Zhongxing-1E di orbitnya sejak Selasa malam itu untuk memberikan pelayanan komunikasi, radio, dan televisi berkualitas tinggi kepada masyarakat, demikian CALVT dikutip media setempat.

Baca juga: Satelit Zhongxing-9A masuki orbit preset
Baca juga: Satelit eksplorasi matahari pertama China capai kemajuan
Baca juga: China luncurkan satelit baru via roket pengangkut Kuaizhou-1A

 

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022