Surabaya (ANTARA) - Timnas Vietnam mengatasi Hong Kong dengan skor 5-1 di laga perdana Grup F babak kualifikasi Piala Asia U-20 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Rabu sore.

Dua dari lima gol Vietnam dicetak oleh Dinh Xuan Tien pada menit ke-25 dan 51. Tiga gol lainnya masing-masing oleh Nguyen Quoc Viet menit 32 melalui titik penalti, Khuat Van Khang menit ke-58 serta Nguyen Duc Anh menit 90+3.

Satu-satunya gol Hong Kong dicetak oleh Ellison Tsang menit ke-69 melalui tendangan penalti.

Jalannya pertandingan, sejak menit awal Vietnam yang di atas kertas diunggulkan terus melakukan serangan dan mengurung pertahanan lawan.

Namun, Hong Kong yang menempatkan Adriel Chan sebagai striker beberapa kali melakukan serangan balasan.

Baca juga: Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 digelar di Jawa Timur

Gol baru tercipta menit ke-25 berawal dari umpan Nguyen Anh Tu yang mengirim umpan ke Dinh Xuan Tien di dalam kotak penalti. Tendangan keras kaki kanannya sukses mengoyak jala gawang kiper Hong Kong Pong Cheuk Hei.

Tujuh menit berselang, Vietnam menggandakan keunggulan usai mendapat tendangan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Nguyen Quoc Viet.

Wasit menunjuk titik putih usai pemain belakang Hong Kong melakukan pelanggaran handball. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di awal babak kedua, Vietnam yang diasuh Dinh The Nam kembali mengambil inisiatif menyerang. Terbukti, masih berjalan enam menit, kembali Dinh Xuan Tien menambah golnya.

Tak berselang lama, tujuh menit kemudian kembali Vietnam mencetak gol. Kali ini kapten tim Khuat Van Khang yang mendapat mendapat bola di dalam kotak penalti tak menyia-nyiakan kesempatan dengan melesakkan tendangan keras kaki kirinya.

Baca juga: Indonesia tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 segrup Vietnam

Hong Kong mendapat kesempatan memperkecil kedudukan usai kapten Vietnam Khuat Van Khang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Gelandang Hong Kong Ellison Tsang selaku eksekutor sukses mencetak gol meski tendangannya sempat diblok oleh kiper Doa Huy Hoang. Skor berubah menjadi 4-1.

Gol tersebut membuat Hong Kong semakin bersemangat untuk menambah gol, namun beberapa kali peluang yang diciptakan masih gagal.

Vietnam yang sudah unggul telak tetap mencoba melakukan serangan, bahkan di tiga menit tambahan waktu babak kedua, Nguyen Duc Anh menambah koleksi gol menjadi 5-1.

Usai gol, wasit Oh Hyeon Jeong asal Korea meniup peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan.

Vietnam memimpin klasemen sementara Grup F dengan tiga angka, sedangkan Hong Kong berada di juru kunci.

Baca juga: Shin tak mau remehkan Timor Leste dalam kualifikasi Piala Asia U-20

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022