Jakarta (ANTARA) - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Fadil Imran menyebut situasi Ibu Kota tetap terjaga meski berlangsung aksi unjuk rasa dari sejumlah elemen masyarakat untuk menyuarakan aspirasi terkait penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi pada Rabu.

Irjen Pol. Fadil Imran menyampaikan hal itu akun Instagram @kapoldametrojaya usai memantau situasi Jakarta via udara, Rabu.

Baca juga: PMII sampaikan aspirasi kenaikan BBM di Balai Kota Jakarta

"Alhamdulillah hari ini cerah, situasi pun kondusif," ucap Fadil lewat akun Instagramnya.

Pemantauan via udara tersebut dilakukan untuk memastikan aksi unjuk rasa berlangsung dengan tertib dan tidak mengganggu aktivitas publik.

"Siang Ini saya melakukan patroli udara untuk memantau situasi di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Start dari Polda Metro Jaya mengarah ke Bekasi dilanjutkan mengarah ke Jakarta Utara," ujar Fadil.

Baca juga: Pemkot Jakbar imbau siswa tidak terprovokasi terkait demo BBM

Diketahui, pada Rabu ini berlangsung dua aksi unjuk rasa terkait penyesuaian harga BBM dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) DKI Jakarta di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Aksi selanjutnya digelar oleh HMI cabang Jakarta Selatan Komisariat Unindra di Fly Over Pasar Rebo, Jakarta Timur.

Pihak kepolisian mengungkapkan dua aksi tersebut belum menyampaikan surat pemberitahuan ke polisi.

Meski demikian, Polda Metro Jaya tetap memberikan pengamanan selama aksi penyampaian pendapat berjalan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Baca juga: Kapolda-Pangdam Jaya apresiasi demo buruh dan mahasiswa kondusif

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022