Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meninjau langsung penyerahan 40 unit kendaraan bermotor dari Kementerian Pertahanan kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 1503/Tual, Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku, Rabu.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyatakan penyerahan kendaraan bermotor tersebut menjadi tindak lanjut dari arahan Presiden Jokowi mengenai penyusunan rencana pertahanan jangka panjang.

"Untuk itu, pembinaan dan pembangunan kekuatan teritorial salah satu unsur yang sangat penting, jadi semua Babinsa, Koramil, Kodim, Korem, dan Kodam akan kita berdayakan. Jadi, itu dalam rencana besar kita, bagian dari pertahanan negara yang sistemnya adalah hankamrata (pertahanan keamanan rakyat semesta)," ujar Menhan sebagaimana disiarkan dalam keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Menhan Prabowo juga menyampaikan bahwa kendaraan bermotor tersebut akan diberikan kepada Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh wilayah Indonesia.

Menurut Prabowo, kendaraan bermotor yang diberikan merupakan produksi lokal buatan perusahaan dalam negeri.

"Ini baru saja awal karena nanti seluruh Babinsa akan kita kasih motor dan nanti rencananya motornya akan kita buat di dalam negeri di Indonesia oleh Pindad dan PT Len di bawah holding industri pertahanan, holding yang sekarang, yaitu Defend ID," ungkap Menhan Prabowo.

Menhan Prabowo juga menegaskan komitmen seluruh komponen pertahanan Tanah Air untuk menjalankan amanah Presiden Jokowi dalam menjaga kekayaan dan keanekaragaman yang dimiliki Indonesia.

"Kalau kita kaya dan kita tidak jaga, ya salah kita sendiri kalau kekayaan kita diambil," tandas Menhan Prabowo.

Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi saat menghadiri kegiatan penyerahan kendaraan bermotor tersebut.

Turut hadir pula Gubernur Maluku Murad Ismail, Bupati Maluku Tenggara Muhamad Thaher Hanubun, Wakil Bupati Maluku Tenggara Petrus Beruatwarin, dan Wali Kota Tual Adam Rahayaan.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022