kita sudah tahu reputasi mereka. Jadi, bukan hanya karyanya
Jakarta (ANTARA) -
Pameran seni KOLABORAKSI yang menggandeng Bintaro District Design (BDD), Anindhaloka bersama Speak Up for Sustainability secara resmi telah dibuka mulai dari 14 hingga 24 September 2022 dan diikuti oleh 50 seniman dari sembilan negara.
 
"Kegiatan ini diikuti oleh 50 desainer dari 9 negara seperti dari China, Ukraina, AS, Mesir, Indonesia, Vietnam dan Thailand serta negara-negara lainnya," ungkap Project Cordinator International Poster Exhibition Speak up for Sustainability, Hastjarjo Boedi Wibowo di Jakarta, Rabu.
 
Hastjarjo mengatakan, para seniman itu memang langsung diundang untuk bergabung karena pihak penyelenggara yakin bahwa karya-karya mereka memiliki keterkaitan yang cukup erat dengan tema besar kali ini "Berbagi Masa depan".
 
Pengunjung berjalan di depan lukisan (ANTARA/Chairul Rohman)
 
"Kami memang sengaja undang teman-teman desainer. Desainer yang kita undang itu, kita sudah tahu reputasi mereka. Jadi, bukan hanya karyanya, manusianya kita kurasi juga," ucap dia.
 
Speak Up for Sustainability Movement adalah wadah pergerakan Internasional bagi para desainer dalam memvisualisasikan pesan yang relevan
 
dengan keadaan ekosistem keberlanjutan (people, planet, profit) sebagai bagian dari kampanye peran desainer dalam keberlanjutan melalui poster.
 
Dalam kegiatan ini, pihak penyelenggara juga sudah menyiapkan sebanyak 75 kegiatan yang bisa diikuti oleh para pengunjung selama pameran berlangsung.
 
Maka dari itu, kegiatan ini diharapkan dapat bisa membangun integritas desainer terkait keberlanjutan, membangun jejaring desainer grafis lintas negara serta dapat menyuarakan pesan keberlanjutan pada khalayak.
 
"Menggali kolaborasi sesama pelaku kreatif dalam menyuarakan isu yang aktual saat ini. Sebenarnya ini bentuk ekspresi visual dimana isu ditangkap oleh desainer untuk di respon dan di wujudkan dalam karya seni yang nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat," jelas dia.
 
Untuk diketahui bersama, KOLABORAKSI dilaksanakan bersamaan dengan Bintaro District Design (BDD). Pihaknya mencoba merespon tema “Berbagi Masa Depan" dalam bentuk visual, gerak, musik, dialog, dan aksi sederhana yang dapat dilakukan oleh setiap individu.
 
KOLABORAKSI merupakan langkah awal untuk menginisiasi inisiatif Design for Environment.Gotong royong ini diprakarsai oleh Anindhaloka bersama Speak Up for Sustainability. Masyarakat yang ingin melihat karya seni ini tidak dipungut biaya.

Baca juga: Dewa Budjana lelang gitar lukis di Distrik Seni X Sarinah sesi dua

Baca juga: Karya Djoko Pekik ikut dipajang di pameran seni lukis nasional Kalsel

Baca juga: Filosofi simbok-simbok dalam karya lukis Cak Min

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022