Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Bangkok, Thailand, menggelar program kesenian yang diikuti 10 seniman lukis Indonesia selama dua minggu sejak 21 September.

Program tersebut berisi lokakarya dan diskusi tentang seni lukis serta pameran bersama 10 seniman lukis ternama Thailand, menurut keterangan KBRI pada Selasa.

"Kegiatan ini merupakan upaya KBRI Bangkok untuk mengajak publik, khususnya generasi muda kedua negara, untuk menjadikan seni sebagai kerja sama yang dapat menembus halangan batas, bahasa dan kebudayaan," kata Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Bangkok, Achmad Wicaksono.

Lokakarya dan diskusi dilaksanakan di Sekolah Indonesia Bangkok, Bunditpatanasilpa Institute, Silpakorn University, Poh Chang University, dan di gedung KBRI.

Dalam kegiatan itu, para seniman lukis Indonesia dan Thailand menjadi narasumber tentang sejarah seni lukis di kedua negara, gaya melukis, dan karya-karya mereka bagi 150 pelajar, mahasiswa dan dosen universitas di Thailand.

Para seniman itu juga menggelar acara melukis langsung di Ayutthaya dan lokasi wisata lainnya di Thailand. Mereka berkolaborasi membuat dua lukisan bertajuk "Chang-Gajah" dan "Garuda-Garuda".

Ke-20 seniman lukis dari kedua negara itu akan memamerkan hasil karya mereka pada "Indonesia-Thailand Collaborative Painting Exhibition" yang akan digelar pada 4-29 Oktober 2023 di National Gallery of Thailand di Bangkok.

Pameran lukisan itu merupakan bagian dari "Trade, Tourism, Investment and Cultural Forum" yang digelar KBRI Bangkok sepanjang tahun ini untuk mempromosikan perdagangan, pariwisata, investasi dan kebudayaan Indonesia di Thailand.

Seniman-seniman Indonesia yang mengikuti kegiatan ini adalah Bunga Jeruk Permata Pekerti, Erica Hestu Wahyuni, Galuh Taji Malela, Heri Dono, Jumaldi Alfi, Lini Natalini Widhiasi, Mola, Putu Sutawijaya, Rendra Santana, dan Theresia Agustina S.

Sedangkan para seniman Thailand terdiri dari Banlu Wiriyapornprapas, Jiamchan Chankhonghom, Pattharaporn Leanpanit, Phunsee Srisuphar, Pittawan Suwapab, Raksucha Chompoobut, Somsak Chowtadapong, Suchart Vongthong, Sita Inyai, dan Thongchai Rakpathum.

Baca juga: Reog Ponorogo pukau warga Thailand dalam Indonesian Cultural Night
Baca juga: Perkuat hubungan masyarakat, KBRI Bangkok adakan pertukaran budaya

Pewarta: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2023