Jakarta (ANTARA) - Ribuan masyarakat Indonesia melaksanakan solat Idul Fitri 1445 H di lapangan sepak bola Kedutaan Besar RI di Bangkok, Thailand.

Menurut keterangan tertulis KBRI Bangkok yang diterima di Jakarta, Rabu, pelaksanaan solat Idul Fitri tersebut bertepatan dengan perayaan tahun baru Thailand Songkran yang biasa diperingati dengan perayaan air.

Acara dimulai dengan pelaksanaan solat Idul Fitri diikuti dengan khotbah yang bertema “Makna Idul Fitri bagi Keseharian Hidup dan Kehidupan Masyarakat” oleh Khatib Ustad Novi Maulana.

Setelah solat Ied selesai, acara dilanjutkan dengan melakukan kegiatan silaturahmi dengan Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman dan Ibu Tanty Rachmat Budiman di Wisma Duta Besar RI Bangkok.

Kegiatan silaturahmi tersebut tidak hanya diikuti oleh masyarakat Muslim Indonesia, tetapi juga diikuti oleh warga Indonesia yang non-muslim serta para teman Indonesia di Thailand.

Dalam acara silaturahmi tersebut juga disediakan jamuan makanan khas Idul Fitri seperti rendang, ikan balado, ayam goreng, sayur lontong, dan bakso. Selain itu, disediakan juga hidangan penutup, seperti es campur dan es krim.

Baca juga: WNI dan warga asing Shalat Idul Fitri bersama di KBRI Kuala Lumpur

Pihak KBRI Bangkok menyebutkan bahwa momen silaturahmi tersebut menjadi momen tepat untuk memperkuat kembali rasa persaudaraan dan persatuan sesama warga Indonesia di Thailand.

KBRI Bangkok juga menyampaikan bahwa panitia Ramadhan KBRI Bangkok Mesjir As-Syafir telah menyalurkan zakat fitrah kepada para warga keturunan Indonesia yang sudah tua dan miskin di beberapa provinsi di Thailand.

Selain itu, pihak KBRI Bangkok juga telah menyalurkan dana tersebut ke beberapa mesjid di Thailand.

Sementara itu, KBRI juga menyampaikan bahwa penyaluran dana zakat amal dan infaq shodaqoh disalurkan ke yayasan yatim piatu di sebuah provinsi di Thailand dan yatim di Indonesia.

Dana tersebut juga akan disalurkan melalui Yayasan Dompet Dhuafa di Indonesia untuk mendukung pengembangan dakwah, program pendidikan dan kesehatan serta kebutuhan air bersih di wilayah timur Indonesia.

Baca juga: Tradisi sama masyarakat ASEAN bersilaturahmi saat Idul Fitri

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2024