Jakarta (ANTARA) - Sepuluh seniman Indonesia berpartisipasi dalam pameran lukisan “Indonesia-Thailand Collaborative Painting Exhibition: Blossoming Curiosity” yang diselenggarakan pada 4 -29 Oktober 2023 di Galeri Nasional Thailand.

Menurut keterangan tertulis KBRI Bangkok yang diterima di Jakarta, Kamis, pameran lukisan tersebut menghadirkan sepuluh seniman Indonesia dan sepuluh seniman Thailand dengan komposisi lima seniman pria dan lima seniman perempuan dari masing-masing negara.

“Pada pameran kali ini para pelukis dari kedua negara dapat secara bersama menuangkan ide, kreatifitas dan interpretasi mereka mengenai gaya hidup, emosi, dan cara berpikir serta keunikan masyarakat kedua negara,” kata Dubes Indonesia untuk Thailand Rachmat Budiman saat membuka pameran tersebut, Rabu (4/10).

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Kebudayaan Thailand Phonpoom Vipattipumiprates menyampaikan apresiasi yang tinggi pada KBRI Bangkok atas penyelenggaraan pameran lukisan tersebut.

Dia menyampaikan bahwa kesamaan karakteristik identitas kedua negara seperti kekayaan sejarah, agama, seni dan budaya, makanan serta gaya hidup telah mendorong penguatan people-to-people contact dan menjadi fondasi kuat untuk penguatan kerja sama dan persahabatan kedua negara.

Direktur Divisi Urusan Internasional Kementerian Pariwisata dan Olahraga Thailand Panupak Pongatichat juga menyampaikan apresiasi pada KBRI Bangkok yang telah mengadakan pameran secara rutin setiap tahun.

“Pameran ini merupakan ajang yang bagus bagi para seniman dan publik kedua negara untuk saling memahami kebudayaan satu sama lain, khususnya mengingat sebagai sesama negara ASEAN, kedua negara saling berbagi kesamaan,” kata Pongatichat.

Acara pembukaan pameran lukisan tersebut dihadiri oleh 250 tamu dari kalangan Dubes dan diplomat negara sahabat, pada akademisi di bidang seni, para pecinta seni dan kolektor benda seni di Thailand.

Seniman Indonesia yang terlibat dalam pameran adalah Bunga Jeruk, Erica Hestu Wahyuni, Galuh Taji Malela, Heri Dono, Jumaldi Alfi, Lucia Hartini, Mola, Putu Sutawijaya, Rendra Santana, dan Theresia Agustina.

Sedangkan seniman Thailand yang terlibat adalah Banlu Wiriyapornprapas, Jiamchan Changkonghom, Phattharaporn Leanpanit, Phunsee Srisuphar, Pittawan Suwapab, Sita Inyai, Somsak Chowtadapong, Ruksucha Chompoobut, Suchart Vonthong, dan Thongchai Rakpathum.

Pameran lukisan tersebut merupakan kelanjutan dari pameran lukisan tahun lalu yang berjudul “The Bridge of Color” yang dilaksanakan di Galeri Nasional Thailand pada 5-30 Oktober 2022.

Baca juga: KBRI gelar program kesenian bagi seniman lukis Indonesia-Thailand
Baca juga: KBRI Bangkok kenalkan budaya lewat Indonesian Cultural Night 2023
Baca juga: Universitas dari Indonesia dan Thailand tandatangani MoU kerja sama


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Arie Novarina
Copyright © ANTARA 2023