Jakarta (ANTARA) - Industri barang konsumen China meningkat secara signifikan dalam ukuran dan kekuatan keseluruhan selama satu dekade terakhir, dengan pertumbuhan pendapatan dan pengaruh global yang stabil, demikian disampaikan seorang pejabat Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China pada Rabu (14/9).

Pendapatan operasional dan laba gabungan sektor ini masing-masing meningkat 35 persen dan 64,5 persen selama 10 tahun terakhir, kata He Yaqiong, kepala departemen industri barang konsumen di kementerian tersebut dalam sebuah konferensi pers.

Nilai tambah industri itu menyumbang 27,9 persen dari semua sektor industri, dan ekspor industri ringan termasuk produk tekstil negara itu telah melampaui 30 persen dari total dunia, ujarnya.

China telah membangun sistem industri barang konsumen dengan cakupan luas dan struktur yang relatif lengkap, yang secara efektif menjamin pasokan berbagai produk yang diperlukan untuk kehidupan sehari-hari.

Sambil menyebut industri barang konsumen sebagai salah satu keunggulan China yang telah bertahan lama, He mengatakan bahwa industri itu memainkan peran yang tak tergantikan dalam mendorong ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, menciptakan lapangan kerja, dan memperluas ekspor.

Untuk ke depannya, He mengatakan berbagai upaya akan dilakukan untuk mempromosikan transisi digital dan hijau pada sektor ini guna lebih memenuhi beragam permintaan konsumen dan memperkuat daya saingnya. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022