Beijing (ANTARA) - Trio taikonaut Shenzhou-14 menyelesaikan 100 hari pertama di orbit saat mereka bersiap untuk melakukan kegiatan di luar angkasa atau spacewalk kedua di luar stasiun antariksa yang direncanakan China.

Untuk menandai 100 hari pertama dari misi selama enam bulan tersebut, Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA) membagikan beberapa foto di sejumlah platform media sosial pada pekan ini.

Foto-foto itu menunjukkan trio taikonaut tersebut sedang menguji pakaian antariksa, bermain dengan makanan, dan melakukan latihan fisik dalam kondisi mikrogravitasi yang menantang di modul inti Tianhe dan modul laboratorium Wentian.

Dua taikonaut, yakni Chen Dong dan Liu Yang, keluar dari stasiun luar angkasa tersebut pada 2 September untuk melaksanakan sejumlah tugas. Sementara, taikonaut ketiga, Cai Xuzhe, memberikan dukungan di dalam kabin. Mereka merampungkan sejumlah tugas seperti memasang pompa tambahan dan mengangkat kamera panorama di modul laboratorium itu.

Mereka menjadi orang-orang China pertama yang merayakan Festival Pertengahan Musim Gugur, sebuah acara tradisional yang melambangkan reuni keluarga, di luar angkasa.

Semuanya berjalan baik bagi para awak, yang bersiap menjalani spacewalk mereka selanjutnya, ujar CMSA dalam situs microblogging Sina Weibo.

Kru Shenzhou-14 telah berada di luar angkasa sejak 5 Juni. Selama paruh kedua dari masa tinggal enam bulan mereka di orbit, mereka akan mengawasi kedatangan Mengtian, modul laboratorium lainnya, dan terlibat dalam serah terima awak stasiun luar angkasa pertama China saat kru Shenzhou-15 tiba, demikian Xinhua.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022