Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Irak U-23 pada pertandingan perebutan tempat ketiga Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Kamis pukul 22.30 WIB.
 
Indonesia kini tengah berupaya melipur lara setelah gagal menciptakan sejarah dengan menembus partai final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya.
 
Pencapaian itu gagal diwujudkan oleh Nathan Tjoe-A-On serta kolega setelah takluk dari Uzbekistan dengan skor 0-2 di partai semifinal beberapa waktu lalu.
 
Meskipun begitu, pada gelaran Piala Asia U-23 2024, Indonesia tercatat melalui perjalanan yang luar biasa dengan mampu melangkah sejauh ini.
 
Sempat menelan kekalahan menyakitkan kontra Qatar dengan skor 0-2, Skuad Garuda Muda mampu bangkit dan mengamankan kemenangan atas Australia 1-0 serta Yordania 4-1.
 
Selanjutnya pada babak perempat final, Indonesia mampu menyingkirkan raksasa sepak bola Korea Selatan secara dramatis melalui drama babak adu penalti.
 
Setelah bermain imbang 2-2 selama 120 menit lebih, Indonesia akhirnya mampu memastikan diri melaju ke semifinal setelah menang adu penalti dengan skor 11-10.
 
Menjelang menghadapi Irak, Indonesia diyakini akan melakoni partai berat, namun skuad asuhan Shin Tae-yong harus mampu memenangkan pertandingan agar segera menggenggam tiket Olimpiade Paris 2024.
 
Baca juga: Jokowi harapkan timnas Indonesia U-23 bisa melaju ke Olimpiade
 
Lupakan kekecewaan semifinal
 
Partai perebutan tempat ketiga antara Indonesia menghadapi Irak ini dapat dijadikan momen untuk Garuda Muda bangkit melupakan kekecewaan di partai semifinal.
 
Indonesia yang selangkah lagi melaju ke partai final, harus menerima kenyataan dihentikan oleh Uzbekistan pada partai semifinal.
 
Pada pertandingan tersebut Indonesia sempat membobol gawang Uzbekistan melalui gol Muhammad Ferrari, namun akhirnya dianulir oleh VAR.
 
Selain kecewa karena gagal membobol gawang Uzbekistan, Indonesia juga diyakini kecewa dengan berbagai insiden yang terjadi di partai semifinal, termasuk kartu merah yang diterima oleh Rizky Ridho.
 
Berbagai kekecewaan ini diharapkan dapat dilupakan oleh skuad asuhan Shin Tae-yong dan mampu mencapai penampilan terbaik mereka.

Baca juga: Rio Fahmi janjikan timnas Indonesia U-23 menangi laga kontra Irak
Baca juga: Media Qatar akui kegigihan timnas Indonesia saat kalahkan Korsel

Selanjutnya: Catatan Shin Tae-yong

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024