Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri bertemu Gubernur Jeju Oh Young-Hun di Korea Selatan, Kamis, guna mendorong peningkatan kerja sama di bidang penelitian hingga perdagangan.

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, Presiden ke-5 RI itu mengutamakan kerja sama riset, khususnya di sektor pangan, antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Kemarin, ketika datang ke Jeju University, kami melakukan MoU terutama dalam budidaya ikan kerapu, di dalamnya termasuk Kementerian Kelautan dan Perikanan," kata Megawati.

Megawati menjelaskan bahwa dibandingkan dengan negara Asia lain, varian produk pertanian Indonesia jauh lebih beragam dan berkualitas. Misalnya, lanjutnya, pisang dan mangga di Indonesia memiliki jenis dan varian beragam.

"Filipina tak punya sebanyak Indonesia, karena di Indonesia ada pisang kecil bisa dimakan, ada yang besar disebut pisang tanduk dan enak bila digoreng. Mangga Gincu dari Indonesia sangat diminati Singapura, sampai permintaannya masih belum bisa terpenuhi," jelasnya.

Baca juga: Sulut dan Jeju Air sepakat jalin kerja sama penerbangan langsung

Duta Besar RI untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto mengatakan masih ada tantangan dalam kerja sama perdagangan buah antara Indonesia dan Korea Selatan.

Gandi mengatakan pada prinsipnya Indonesia menginginkan kesetaraan peluang bagi produk buah dalam negeri untuk masuk ke Korea Selatan, begitu pula sebaliknya.

"Kami sedang perjuangkan salak, pisang, mangga, dan nanas Indonesia bisa masuk," kata Gandi.

Sementara itu, Young-Hun menyambut baik keinginan Infonedia dan mengatakan pihaknya akan berdiskusi dengan jajaran Pemerintah pusat Korea Selatan agar memberi perhatian terhadap masalah tersebut.

"Kami akan meminta perhatian Pemerintah pusat Korea mengenai masalah ini. Jika ada masalah bea atau peraturan, kami siap membantu. Saya juga akan coba lakukan dengan hal-hal yang bisa saya lakukan," kata Young-Hun.

Dia juga akan mendorong agar kerja sama riset teknologi antara Korsel, khususnya Jeju, dan Indonesia makin diperkuat.

"Kita bisa kerja sama teknologi pertanian, khususnya untuk buah-buahan. Kita bisa bekerja sama," ujarnya.

Baca juga: Megawati dorong Jeju Forum beri pemikiran terbaik bagi perdamaian
Baca juga: Megawati beri salam "saranghaeyo" saat berfoto bersama di Jeju

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022