London (ANTARA/Reuters) - Klub Liga Premier Inggris Manchester United dan Aston Villa maju ke putaran keempat kompetisi Piala FA Minggu, setelah membungkam klub divisi bawah Southampton dan Gillingham.

Di St Marry Stadium, United mengalahkan klub Divisi Dua Southampton 3-0 setelah klub itu bermain dengan 10 orang pada hampir sepanjang pertandingan.  Selanjutnya akan bertemu dengan Tottenham Hotspur di Old Trafford pada putaran keempat.

Aston Villa menang 2-1 di kandang klub League Two (Divisi Empat) Gillingham di mana pada pertandingan itu James Milner merayakan ulang tahunnya yang ke-23 dengan mencetak dua gol.

Selanjutnya, Villa akan berkunjung ke kandang tim pemenang pertandingan tunda antara Cheltenham Town dan Doncaster Rovers di putaran keempat tiga minggu mendatang.

United, yang terakhir kali kalah di putaran ketiga Piala FA 25 tahun lalu, pada awal permainan mendapat tekanan dari Southampton, namun mereka menarik nafas lega ketika Danny Welbeck dari jarak sekitar dua meter mencetak gol pada menit ke-20.

Southampton semakin mendapat masalah 16 menit kemudian, ketika pemain bertahan yang masih remaja, Matthew Paterson, dikeluarkan dari lapangan oleh wasit Mike Riley setelah melakukan pelanggaran terhadap pemain bertahan United, Nemanja Vidic, kendati tidak membahayakan pemain asal Serbia itu.

United kembali mendapat peluang pada menit ke-48 ketika Riley membuat keputusan kontroversial lain dengan menyatakan David McGoldrick telah menyentuh bola dari tendangan bebas Nani ketika bola itu melayang ke arah balakangnya.

Nani lalu mengeksekusi tendangan penalti untuk menjadi gol kedua MU di pertandingan itu, sementara pemain pengganti Darron Gibson mencetak gol ketiga United pada menit ke-81.  
                            
Hilang kegembiraan

Manajer Manchester United Alex Ferguson mengatakan kepada TV Setanta Sports bahwa ia mengharapkan kemenangan itu ketika timnya melawan para pemain muda Southampton.

"Kami melakukannya dengan baik dengan hasil 3-0 dan itu merupakan hasil yang bagus," katanya sambil menambahkan dikeluarkannya Paterson dari lapangan meruntuhkan semangat para pemain muda Southampton.

"Saya kira jika wasit menghukumnya di menit pertama, para pemain itu akan lebih tenang. Mereka tampil dengan gembira dan pemain yang melakukan jegalan itu terlalu bernafsu tampil di lapangan," katanya.

Sementara itu, Villa dipaksa mesti bekerja keras dulu untuk mendapatkan kemenangan mereka di Gillingham dan mereka mendapat pujian dari pelatih mereka, Martin O'Neill.

"Saya tidak puas dengan pertandingan itu. Gillingham selalu menekan dan mereka tetap berbahaya kendati kami sudah memimpin 1-0," katanya.

Milner membuat tim tamu memimpin lebih dahulu lewat gebrakan pada menit ke-13, setelah bermain satu-dua dengan Stilian Petrov, namun Gillingham mendapat keuntungan dari usaha mereka di menit ke-57 ketika menyamakan kedudukan melalui pemain internasional Kanada, Simeon Jackson, yang melakukan tendangan keras melewati Brad Friedel.

Villa tetap memimpin permainan 11 menit menjelang pertandingan usai ketika Milner mencetak gol melalui titik penalti setelah kapten Gills, Adam Miller, terkena hukuman wasit Keith Stroud karena menjatuhkan Ashley Young. (*)

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2009