Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita seputar DKI Jakarta terjadi pada Kamis (15/9), mulai dari KSP sebut penyesuaian harga BBM dipicu dari krisis ekonomi dunia hingga pengamat nilai calon Pj Gubernur DKI Bahtiar lebih netral.

Berikut rangkuman seputar DKI Jakarta yang masih menarik untuk dibaca kembali.

1. KSP sebut penyesuaian harga BBM dipicu dari krisis ekonomi dunia

Seiring gelombang unjuk rasa di berbagai daerah soal kenaikan harga BBM, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo menyebut kebijakan tersebut terpaksa diambil pemerintah karena dipicu krisis ekonomi dunia.

Krisis, kata dia, seperti COVID-19 namun yang dihantam berbeda yakni ketika pandemi yang dihantam kesehatan, sedangkan krisis kali ini yang dihantam ada tiga yakni energi, pangan dan keuangan.

"Sekarang itu hantaman krisis tiga di dunia, yakni energi, pangan dan keuangan," kata Abraham selepas berbicara di atas mobil komando, Kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis.

Selengkapnya di sini


2. Kebayoran Lama tambah bank sampah dari pengelola apartemen

Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan menambah unit bank sampah yang berasal dari pengelola Apartemen Pakubuwono Terrace.

Kasi Perekonomian dan Pembangunan Kecamatan Kebayoran Lama Daniel mengatakan dengan adanya penambahan bank sampah diharapkan penghuni apartemen lebih bijak mengelola sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

"Program ini mudah-mudahan dapat ditiru daerah lain. Karena hal ini sangat baik bagi lingkungan serta dalam mendukung program pemerintah," kata Daniel dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini


3. KSP: Pemerintah tetap pantau perkembangan krisis energi

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo mengatakan pemerintah tetap memantau perkembangan krisis energi dunia yang masih berlangsung hingga kini.

Penyesuaian harga BBM yang diambil pemerintah saat ini, kata Abraham, akibat harga minyak dunia yang biasanya 60 dolar AS per barel menjadi hampir 100 dolar AS per barel.

"Harga minyak sempat turun ke angka sekitar 80 dolar AS per barel, sekarang sedang merangkak naik lagi ke angka 90 dolar AS per barel. Apabila kita tidak melakukan penyesuaian maka prediksinya subsidi BBM itu bisa membengkak lagi," kata Abraham di Patung Kuda, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini


4. Dishub DKI buka investasi swasta untuk proyek LRT fase 2A

Dinas Perhubungan DKI Jakarta membuka ruang investasi bagi swasta untuk rencana pembangunan proyek Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta fase 2A dari Stasiun Pegangsaan Dua di Kelapa Gading hingga Jakarta International Stadium (JIS).

"Apakah melalui kerja sama pemerintah daerah dengan badan usaha bisa menjadi opsi yang kemudian proses pembangunannya bisa dipercepat," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo di Balai Kota Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini


5. Pengamat nilai calon Pj Gubernur DKI Bahtiar lebih netral

Pengamat komunikasi politik Hendri Satrio menilai Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sekaligus calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta Bahtiar paling netral dibanding kandidat lain.

"Dalam arti, memang karena tugas dia sebagai Dirjen Kemendagri, kalau yang lain punya kemiripan seolah-olah mereka punya beking," kata Hendri saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya di sini

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022