Jakarta (ANTARA) - Pebalap bapak dan anak, Ricardo dan Sean Geleal tercatat dalam 62 peserta dan akan kembali bersaing menjadi yang terbaik pada ajang balapan Danau Toba Rally 2022 di Aek Nauli, Parapat, Sumatera Utara, 23-25 September.

Pada Danau Toba Rally sebelumnya, pebalap bapak anak ini mampu bersaing ketat meski akhirnya sang anak, Sean Gelael yang mengendarai Citroen C3 lebih beruntung dan meraih hasil lebih baik dibandingkan sang bapak.

Pimpinan lomba Danau Toba Rally 2022 Elwin Siregar dalam keterangan resmi yang diterima media di Jakarta, Jumat mengatakan, kejuaraan di salah satu destinasi wisata unggulan terbagi menjadi dua yakni Asia Pacific Rally Championship (APRC) dan Kejurnas Reli putaran dua.

"Danau Toba Rally semakin menarik dan diminati. Terbukti peserta melebih kuota. Kuota 60, tetapi terdaftar 62. Delapan diantaranya terdaftar sebagai peserta APRC," katanya.

Menurut dia, semua pebalap yang turunkan akan unjuk kecepatan di 12 special stage (SS) di kawasan Hutan Tanaman Industri PT Toba Pulp Lestari sektor Aek Nauli. Lokasi balapan ini jelas penuh tantangan karena sebagian treknya pernah digunakan untuk kejuaraan dunia reli.

Persaingan diprediksi bakal ketat. Selain Sean Gelael yang berpasangan dengan co-driver asal Portugal Hugo Magalhaes, juga ada pebalap kawakan Indonesia Rifat Sungkar yang berpasangan dengan co-driver asal Australia Benjamin Richard dengan menggunakan Mitsubishi Expander AP4.

Baca juga: Sean Gelael terbaik di putaran pertama Danau Toba Rally 2021

Selain itu ada Ryan Nirwan dan co-driver Adi Indiarto dari Toyota Gazoo Racing Indonesia, begitu juga dengan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang berpasangan dengan Hervian Sorjono. Skoda Fabia bakal menjadi andalannya.

Untuk pebalap asing ada Karamjit Singh yang berpasangan dengan Jagdev Singh. Pebalap asal Malaysia ini akan mengendarai Proton Gen2. Tidak ketinggalan pereli wanita Qanita Syahshiyah dan co-driver Julian Puspa Andari dari Eurostar Racing Team dengan mengendarai Proton New Saga.

Elwin Siregar menambahkan Danau Toba Rally tidak hanya sebagai ajang prestasi, namun juga dijadikan ajang untuk Danau Toba melalui event-event sport tourism internasional yang menumbuh-kembangkan banyak sektor khususnya di Sumatera Utara.

“Danau Toba Rally APRC 2022 terbuka untuk umum. Ada beberapa titik yang cukup menarik sebagai spectator points. Penonton dapat menyaksikan langsung jalannya perlombaan tanpa dipungut bayaran, alias gratis, dengan tetap memperhatikan faktor keamanan penonton” pungkas Elwin Siregar.

Baca juga: Polda Sumut siap dukung Danau Toba Rally 2022

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022