Bintan (ANTARA) - Polres Bintan, Polda Kepulauan Riau (Kepri) menyiagakan 160 personel untuk pengamanan kegiatan balap sepeda internasional terbesar di Asia "Tour De Bintan" pada 14-16 Oktober 2022.

Kapolres Bintan AKBP Tidar Wulung Dahono di Bintan, Sabtu, menyebutkan kegiatan berskala besar yang dipusatkan di kawasan wisata Lagoi, Kabupaten Bintan itu akan diikuti peserta dari dalam dan luar negeri, sehingga pengamanan yang dilakukan harus maksimal agar acaranya berlangsung aman dan lancar.

"Pengamanan ini bertujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi peserta Tour De Bintan," kata Tidar.

Ia menyatakan Polres Bintan bersama instansi terkait juga terus berkoordinasi mematangkan berbagai persiapan sekaligus menyamakan persepsi terkait pengamanan jelang agenda tahunan Tour De Bintan.

Kapolres berharap personel pengamanan di lapangan dapat memahami tugas masing-masing dalam pengamanan acara tersebut, sehingga rangkaian kegiatannya berjalan sukses.

"Kami sangat mendukung acara ini untuk meningkatkan kunjungan wisman," katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Bintan Arief Sumarsono mengatakan sampai saat ini sudah ada 946 peserta dari sejumlah negara sudah mendaftar untuk kejuaraan balap sepeda Internasional Tour De Bintan 2022.

"Terdiri atas 800 peserta pria dan 146 peserta wanita," kata Arief.

Dari jumlah peserta tersebut, terbanyak berasal dari negara Singapura dengan persentase sekitar 40 persen disusul Inggris sekitar 13 persen, Australia 7 persen Indonesia 5 persen, Malaysia 4 persen, Amerika, Jepang, Jerman, Perancis sekitar 3 persen, Filipina, Hongkong sekitar 2 persen dan negara lainnya sekitar 16 persen.

Dia berharap melalui perhelatan Tour De Bintan, sektor pariwisata Bintan bisa bangkit kembali, karena pariwisata merupakan penyumbang pendapatan asli daerah (PAD) terbesar di Kabupaten Bintan.

"Untuk persiapan pelaksanaan acaranya sudah hampir 90 persen. Mudah-mudahan berjalan lancar setelah dua tahun vakum akibat pandemi," ujarnya. Lanjutnya menyampaikan pembalap sepeda dalam Tour De Bintan akan melintasi sejumlah kawasan pariwisata di daerah itu, dimulai dari kawasan Simpang Lagoi.

“Peserta dapat menikmati udara segar, pantai yang indah sambil berolah raga sepeda,” sebutnya.

Panitia telah menetapkan kategori dalam Tour de Bintan yakni Individual Time Trial sepanjang 175 kilometer, Grand Fondo Challenge 85 kilometer, Grand Fondo Classic 146 kilometer, Grand Fondo Century 108 kilometer, dan Grand Fondo Discovery 55 kilometer.

Tour de Bintan akan menambah jumlah wisman yang berkunjung ke Bintan secara signifikan karena setiap peserta biasanya tidak datang sendirian, melainkan membawa anggota keluarganya.

"Tour De Bintan sebagai petanda sektor pariwisata di Bintan kembali jaya setelah kasus aktif COVID-19 landai," ujar Arief.


 

Pewarta: Ogen
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022