Namun yang terpenting daerah dan daerah lainnya harus saling dukung agar tercipta pariwisata yang berkesan bagi dunia.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan bahwa pariwisata di Tanah Air harus lebih digenjot, salah satunya dengan menggabungkan antardaerah guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia menyarankan dua kepala daerah asal PDI Perjuangan yakni Bupati Trenggalek M Nur Arifin atau Gus Ipin dan Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dapat bekerja sama. Dikarenakan, katanya lagi, kedua daerah tersebut berdekatan secara geografis yakni sama-sama terletak di Jawa Timur.

"Pemikiran muda ini tentunya punya nuansa tersendiri dalam mengembangkan pariwisata, namun yang terpenting daerah dan daerah lainnya harus saling dukung agar tercipta pariwisata yang berkesan bagi dunia," kata Hasto, di Bantul, Yogyakarta, sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Ia juga mengimbau agar kepala daerah itu bekerja sama mengembangkan pariwisata berbasis kebudayaan. Hal tersebut, katanya pula, sebagaimana program perhatian dari PDI Perjuangan untuk membangun sektor pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui koneksitas antardaerah.

Menanggapi hal tersebut, Gus Ipin mengatakan bahwa daerah Trenggalek sudah memiliki tempat wisata berbasis kebudayaan, salah satunya Desa Wisata Pandean.

"Desa wisata berbasis konservasi sungai dan adat istiadat, menjadi satu di antara 50 desa wisata terbaik se-Indonesia pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia," katanya lagi.

Selain itu, Gus Ipin juga menyampaikan bahwa dirinya tengah mengembangkan Program Sadewa atau Seratus Desa Wisata di Trenggalek.

"Desa ini merupakan kolaborasi antarmasyarakat dengan melindungi alam, melestarikan budaya, dan potensi ekonomi lokal," ujar Bupati berusia 32 tahun itu.

Sementara itu, Hanindhito menyampaikan bahwa di Kediri sedang dibangun bandara yang melayani destinasi di Kota/Kabupaten Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Blitar, Ponorogo hingga Nganjuk.

"Trenggalek bisa terlibat nantinya di bandara tersebut," kata Bupati berusia 30 tahun itu.

Menanggapi pernyataan Hanindhito, Gus Ipin pun menyambut baik pembangunan bandara di Kediri. Ia mengatakan akan menginisiasi penyelenggaraan Festival Selingkar Wilis untuk menunjang kebangkitan ekonomi di wilayah sekitar Jawa Timur tersebut.

"Festival Selingkar Wilis sebagai bentuk kolaborasi masyarakat di sekitar Gunung Wilis," kata Gus Ipin.

Selain Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana dan Bupati Trenggalek M Nur Arifin, hadir pula Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo dalam perjamuan makan siang tersebut, yang dilangsungkan usai menghadri Kongres Serikat Nasional Pelestari Tosan Aji Nusantara (Senapati Nusantara/SN), di Bantul, Yogyakarta, Sabtu (17/9).
Baca juga: BPOLBF gali potensi pengembangan ekonomi digital Labuan Bajo Flores
Baca juga: Luhut dorong investasi untuk optimalkan pengembangan DPSP

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022