Baju kurung ini identitas budaya Melayu, maka patut kita lestarikan. Gunakan baju kurung Melayu lengkap, jangan lupa memakai tanjak atau topi khas Melayu bagi laki-laki,
Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menginstruksikan seluruh pegawai di lingkup pemprov, kabupaten/kota, instansi vertikal, BUMN, BUMD, serta swasta berbaju kurung Melayu lengkap mulai tanggal 19 hingga 24 September 2022.

Kepala Dinas Kominfo Pemprov Kepri Hasan di Tanjungpinang, Ahad (18/9) menyampaikan penggunaan baju kurung Melayu selama enam hari kerja itu bertujuan menyemarakkan peringatan Hari Jadi ke-20 Provinsi Kepri yang jatuh pada Sabtu (24/9) 2022.

"Apalagi peringatan hari jadi tahun ini istimewa, karena Kepri memasuki usia dua dekade," katanya.

Ia mengatakan memakai baju kurung Melayu dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kepri memang sudah menjadi tradisi tahunan di daerah tersebut.

Menurutnya hal itu merupakan bentuk penghargaan terhadap perjuangan pembentukan Provinsi Kepri dengan usaha yang tidak mudah.

"Baju kurung ini identitas budaya Melayu, maka patut kita lestarikan. Gunakan baju kurung Melayu lengkap, jangan lupa memakai tanjak atau topi khas Melayu bagi laki-laki," katanya.

Menurut dia instruksi penggunaan baju kurung Melayu lengkap itu berdasarkan Surat Edaran Gubernur Kepri Ansar Ahmad yang ditujukan kepada forkopimda, bupati, wali kota, pimpinan instansi vertikal, BUMN, BUMD dan OPD Pemprov Kepri.

Ia menjelaskan rangkaian kegiatan pada hari puncak peringatan Hari Jadi Kepri 24 September 2022, yang diawali dengan upacara peringatan hari jadi dan dilanjutkan dengan ziarah, tabur bunga, dan doa bersama di makam para tokoh pejuang Provinsi Kepri di Kota Tanjungpinang.

Kemudian dilanjutkan dengan Rapat Paripurna Istimewa Hari Jadi ke-20 Kepri di Kantor DPRD, Pulau Dompak.

Selain itu, lanjutnya, Gubernur Kepri Ansar Ahmad juga menginstruksikan bupati/walikKota se-Kepri untuk melaksanakan upacara peringatan Hari Jadi ke-20 Kepri Tahun 2022.

Lalu, mengimbau setiap instansi pemerintah dan swasta agar memasang spanduk dan umbul-umbul ucapan selamat Hari Jadi ke-20 Kepri 2022 pada lingkungan kantor/ruko/toko/bangunan/lokasi-lokasi strategis di wilayah masing-masing, mulai tanggal 12 sampai dengan 30 September 2022.

"Peringatan Hari Jadi ke-20 Kepri mengambil tema ekonomi pulih, Kepri sejahtera," demikian Hasan.


Baca juga: Kenduri Seni Melayu 2022 di Batam diikuti tiga negara tetangga

Baca juga: Makam raja-raja Melayu berpotensi jadi destinasi wisata religi dunia

Baca juga: BRK Syariah dukung visi Riau sebagai pusat perekonomian Melayu

Baca juga: Kearifan lokal budaya Melayu diusulkan melalui Perda di Kepri

Pewarta: Ogen
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022