Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia mencatat kinerja ekspor industri manufaktur melesat hingga 24 persen dalam delapan bulan terakhir dibandingkan periode Januari sampai Agustus 2021 lalu. Berita itu menjadi salah satu informasi paling populer dalam kanal ekonomi Antaranews sepanjang Minggu (18/9/2022).

Selain itu, berita seputar pemutakhiran potensi penyimpanan karbondioksida sebagai bagian dari upaya transisi energi untuk mendukung pencapaian target netralitas karbon pada tahun 2060 juga menarik untuk dibaca guna melengkapi asupan informasi dan wawasan pagi ini.

Berikut berita-berita ekonomi terpopuler selengkapnya:


1. Ekspor manufaktur naik 24 persen

Industri pengolahan mencatatkan nilai ekspor sepanjang Januari-Agustus 2022 sebesar 139,23 miliar dolar AS atau naik 24,03 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Sektor industri memberikan kontribusi paling besar, dengan sumbangsih hingga 71,55 persen terhadap total nilai ekspor nasional yang menembus 194,60 miliar dolar AS.

Baca selengkapnya di sini.


2. Pemutkahiran potensi penyimpanan karbon

LEMIGAS Ditjen Migas dan Direktorat Teknik dan Lingkungan Migas Ditjen Migas Kementerian ESDM bersama Badan Geologi, akademisi, kontraktor kontrak kerja sama (KKKS), dan pemangku kepentingan terkait berkolaborasi melakukan pemutakhiran potensi penyimpanan karbon.

Studi CCS/CCUS di Indonesia akan dimutakhirkan dengan perhitungan penyimpanan karbon, serta aspek teknologi dan biaya yang lebih update sesuai perkembangan.

Baca selengkapnya di sini.


3. ASDP tingkatkan pelayanan di Danau Toba

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) terus meningkatkan mutu layanan kepada pengguna jasa di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) kawasan Danau Toba, Sumatera Utara.

"Pelabuhan Ajibata dan Ambarita akan meningkatkan aksesibilitas, kenyamanan dan tentunya mampu mengungkit daya saing ekonomi masyarakat sekitar melalui pemanfaatan tenant," kata Shelvy dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya di sini.


4. RI-Malaysia-Thailand sepakat pemulihan ekonomi

Indonesia, Malaysia, dan Thailand mengeluarkan pernyataan bersama untuk pemulihan ekonomi dan meningkatkan perekonomian di sub regional tersebut sekaligus mendukung tumbuh dan berkembangnya wilayah ASEAN.

Dalam pertemuan yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Thailand Arkhom Termpitayapaisith tersebut, delegasi dari ketiga negara sepakat menyampaikan pernyataan bersama serta mengambil langkah strategis demi keberlanjutan kerja sama di sub regional IMT-GT.

Baca selengkapnya di sini.


5. Gerakan tanam cabai dan bawang merah di Kalimantan Tengah

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Gerakan Tanam Bawang Merah dan Cabai (Gertam Babe) Berkah di lahan dengan luas sekitar 30 hektare di Jalan Tjilik Riwut Km 38 Kota Palangka Raya.

Berdasarkan rilis Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi di Kalimantan Tengah pada Juli tercatat sebesar 6,79 persen (yoy). Angka ini jauh berada di atas angka inflasi nasional sebesar 4,94 persen (yoy), sehingga kondisi ini menjadi fokus dari pemerintah dalam upaya pengendalian maupun mitigasi dampaknya.

Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022