Kudus (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, terus menggenjot capaian vaksinasi COVID-19 dengan membuka layanan di tempat-tempat keramaian untuk mendekatkan akses dengan masyarakat.

"Di antaranya membuka layanan di acara 'car free day' atau sehari tanpa asap kendaraan serta acara yang menghadirkan massa dalam jumlah besar juga kami buka gerai vaksinasi karena capaiannya memang belum tinggi," kata Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Andini Aridewi di Kudus, Selasa.

Baca juga: Binda Jateng bantu tingkatkan cakupan vaksinasi COVID-19 di Kudus

Dalam kegiatan pameran usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Alun-alun Kudus, kata dia, pihaknya juga membuka gerai vaksinasi untuk menjaring masyarakat yang belum melakukan vaksinasi lengkap untuk memanfaatkannya.

Ia mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat virus corona belum sepenuhnya hilang sehingga masyarakat tetap harus waspada.

Baca juga: Epidemiolog: Tingkatkan cakupan vaksinasi antisipasi lonjakan kasus

Sementara data vaksinasi per 19 September 2022 untuk dosis pertama sebanyak 86,46 persen atau 640.478 orang dari sasaran sebanyak 661.727 orang.

Untuk dosis kedua terealisasi 564.901 orang atau 76,26 persen dari sasaran, dosis ketiga sebanyak 191.899 orang atau 32,99 persen dari sasaran, dan dosis keempat sebanyak 3.864  atau 70,23 persen dari sasaran.

Baca juga: Epidemiolog: Percepat vaksinasi penguat minimalisasi mutasi virus

Selain untuk menambah imunitas masyarakat, pencapaian dosis ketiga yang tinggi juga diharapkan bisa menghindarkan warga Kabupaten Kudus dari ancaman gelombang berikutnya pandemi COVID-19.

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022