Kunming, China (ANTARA/Business Wire)- Terletak di Provinsi Yunnan di China Barat Daya, Zona Perdagangan Bebas Percontohan Tiongkok (Yunnan) telah menarik investor asing dengan kebijakan proaktifnya sejak didirikan pada Agustus 2019.

Untuk melihat rilis pers multimedia selengkapnya, klik di sini: https://www.businesswire.com/news/home/20220920006031/en/

FTZ Percontohan Yunnan adalah salah satu dari tiga FTZ pertama China yang terletak di daerah perbatasan China. Terdiri dari tiga zona, yaitu Zona Kunming, Zona Honghe, dan Zona Dehong.

Zona Kunming, yang terletak di Kota Kunming, memiliki luas 76 km² (termasuk Zona Perdagangan Bebas Komprehensif Kunming 0,58 km²) dan berfokus pada pengembangan manufaktur kelas atas, logistik penerbangan, ekonomi digital, basis untuk kantor pusat perusahaan, dan industri lainnya.

Zona Honghe terletak di Kabupaten Hekou di Prefektur Honghe, Provinsi Yunnan. Memiliki luas 14,12 km² dan berfokus pada pengembangan pengolahan dan perdagangan, pelayanan kesehatan, pariwisata lintas batas, dan e-commerce lintas batas.

Zona Dehong terletak di Kota Ruili di Prefektur Dehong, Provinsi Yunnan. Memiliki luas total 29,75 km² dan berfokus pada pengembangan e-commerce lintas batas, kerjasama produksi lintas batas, keuangan lintas batas, dan industri lainnya.

Provinsi Yunnan adalah pintu gerbang ke Asia Tenggara dan Asia Selatan, terletak di titik pertemuan China dan kedua wilayah ini. Provinsi ini memiliki 26 pelabuhan, termasuk 20 pelabuhan kelas satu dan 6 pelabuhan kelas dua. Yunnan berbatasan dengan Laos, Myanmar, dan Vietnam, menjadikannya salah satu provinsi di Tiongkok yang berbatasan dengan sebagian besar negara. Memang, lokasi lintas batas strategis yang melintasi banyak negara dan wilayah ini adalah keuntungan terbesar dari FTZ Yunnan.

Sejak didirikan, FTZ telah mendorong pembukaan dan pengembangan seluruh Provinsi Yunnan. Dari Agustus 2019 hingga Juli 2022, 56.000 perusahaan baru didirikan di zona tersebut, terhitung sekitar 12% dari perusahaan baru yang didirikan di provinsi tersebut selama periode ini. Nilai total impor dan ekspor dari FTZ pada periode yang sama adalah RMB 279,14 miliar, menyumbang hampir sepertiga dari perdagangan luar negeri provinsi, sementara investasi asing yang sebenarnya mencapai USD 587 juta, atau 28,7% dari investasi asing yang sebenarnya di seluruh Provinsi Yunnan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Yunnan terus menerapkan kebijakan untuk meningkatkan investasi dalam pengembangan industri berkualitas tinggi dan lebih lanjut meningkatkan dukungan untuk industri terkemuka dan model bisnis baru. Melihat ke depan, Yunnan Pilot FTZ akan terus terlibat dalam promosi investasi dan berusaha untuk menarik proyek-proyek besar. Ia menyambut semua investor asing untuk mengeksplorasi banyak keuntungan dari Yunnan FTZ sebagai situs investasi strategis dan berharap untuk kerjasama saling menguntungkan lebih dalam yang dapat menguntungkan bisnis dan ekonomi lokal.

Baca versi aslinya di businesswire.com: https://www.businesswire.com/news/home/20220920006031/en/

Kontak
Shelly Wang

Sumber: Zona Perdagangan Bebas Percontohan China (Yunnan)

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2022