banjir masih menjadi tantangan di DKI Jakarta
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Sumber Daya Air (SDA) sepanjang 2018 hingga 2022  telah melaksanakan pekerjaan pengerukan delapan sungai yang selama ini menjadi penyumbang banjir di Ibu Kota. 

Pekerjaan pengerukan yang berlangsung selama lima tahun itu  sudah berhasil mengangkat 2,5 juta meter kubik lumpur, sebut Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Balai Kota Jakarta, Rabu.

"Hingga saat ini, Dinas SDA DKI Jakarta masih melakukan pengerukan di sejumlah sungai di Jakarta untuk menekan endapan lumpur," ucap Anies dalam sosialisasi rencana detail tata ruang (RDTR).

Anies mengatakan  banjir masih menjadi tantangan di DKI Jakarta mengingat curah hujan intensitas yang luar biasa tinggi bisa terjadi dalam waktu amat pendek.

"Kondisi demikian tidak hanya terjadi di Jakarta saja tetapi juga kota-kota besar di berbagai  negara," ujar Anies.

Dengan mengeruk endapan lumpur maka memberikan ruang atau kapasitas volume air sungai lebih besar sehingga meminimalkan luapan air.

Anies mengaku dampak banjir saat ini terkendali selain didukung pengerukan juga pembangunan enam waduk.

Saat ini, ada empat waduk pengendali banjir yang sedang dalam tahap final yakni  Waduk Brigif dan Waduk Lebak Bulus di Jakarta Selatan serta Waduk Pondok Ranggon dan Waduk Wirajasa di Jakarta Timur.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menambahkan selain itu masih ada pembangunan sembilan sistem pompa baru, pembangunan dua kilometer tanggul pantai dan 28 ribu drainase vertikal.

Ia menyebut Jakarta mengalami curah hujan tertinggi pada 2020 tapi dampak yang dirasakan lebih kecil dibandingkan tahun sebelumnya.

Anies memaparkan pada 1 Januari 2020, tingkat curah hujan di Jakarta paling tinggi mencapai 377 milimeter per hari dengan dampak banjir terjadi 390 titik dengan luas area terdampak banjir mencapai 156 kilometer.

Apabila dibandingkan pada 2 Februari 2007, tingkat curah hujan mencapai 340 milimeter per hari dengan area terdampak mencapai 955 titik dengan luas area mencapai 455 kilometer.
Baca juga: BPBD DKI siagakan 267 personel tiap kelurahan antisipasi dampak hujan
Baca juga: Waduk Brigif dan Lebak Bulus untuk kendalikan banjir di Jaksel
Baca juga: Banjir rendam Kebon Pala setinggi dua meter

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022