Jakarta (ANTARA) - Pekerja di sebuah PLTA di wilayah Luding, Provinsi Sichuan, Gan Yu (28), diselamatkan oleh seorang penduduk desa setempat pada Rabu (21/9) setelah 17 hari pascagempa yang mengguncang Luding, Sichuan pada 5 September lalu. 

Dia menjalani perawatan di Rumah Sakit China Barat yang terafiliasi dengan Universitas Sichuan.

Ni Taigao, penduduk desa yang menemukan Gan, memutuskan untuk ikut mencari Gan karena dia mengenal betul kawasan pegunungan setempat, menurut klip video yang diunggah oleh stasiun penyiaran pemerintah China Central Television (CCTV).

Pada Rabu pagi waktu setempat, Ni mendengar seseorang berteriak minta tolong di lereng gunung dan menemukan Gan tergeletak di antara pepohonan, menurut laporan CCTV.

Gan bercerita kepada Ni bahwa dirinya dapat bertahan hidup dengan memakan buah-buahan liar dan minum dari mata air.

Gan mengalami beberapa cedera jaringan lunak, beberapa patah tulang, dan infeksi parah, kata Wu Hong, wakil presiden rumah sakit tersebut.

Meskipun mengalami kelemahan fisik, tanda-tanda vitalnya stabil, menurut pihak rumah sakit.

Pada 5 September saat gempa bumi mengguncang Luding, Gan dan rekannya memilih untuk tidak mengungsi dan tetap bertahan di pos mereka di PLTA itu, menyelamatkan desa-desa di hilir dari banjir. Rekannya berhasil diselamatkan pada 8 September.

Hingga 11 September, gempa itu telah menewaskan total 93 orang. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022