ada enam yang keluar menjadi juara
Jakarta (ANTARA) - Dua siswa-siswi peserta didik berprestasi dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 4 Jakarta mengikuti Lomba Keterampilan Siswa Nasional-Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (LKSN-PDBK) tingkat nasional, setelah sebelumnya menjuarai di tingkat Provinsi DKI Jakarta. 

Kepala SLB Negeri 4 Jakarta Sukimin di Jakarta, Jumat,  membenarkan keikutsertaan siswa-siswinya pada ajang LKSN-PDBK tingkat nasional pada 2022 itu.

Sukimin menyebutkan siswa yang lolos ke tingkat nasional adalah Wildan Setiadi, juara satu pada cabang lomba Tata Boga dan siswi atas nama Fitri Aprilliyani, juara satu dalam cabang lomba Hantaran.

Sebelumnya, siswa-siswi SLBN 4 Jakarta atas nama Wildan Setiadi, Fitri Aprilliyani, Shintya Septiani, Zahwa Ufara Qudsi, dan Naila Fadliyyah menjadi juara 1 pada berbagai jenjang kompetisi tingkat SMPLB/SMALB ajang LKSN-PDBK Provinsi DKI Jakarta tahun 2022 pada 18 Agustus lalu.

Baca juga: Pemprov dukung penyediaan makanan tambahan anak SLBN 4 Jakarta

Sukimin menjelaskan, kini kedua siswa-siswi itu akan mewakili DKI Jakarta pada ajang LKSN-PDBK tingkat nasional yang berlangsung pada Oktober 2022.

Menurut dia, pada ajang LKSN-PDBK tingkat DKI Jakarta, SLBN 4 Jakarta mengikuti enam lomba dari total tujuh cabang yang diperlombakan.

Mereka sudah lolos seleksi untuk mewakili sekolah menjadi peserta LKSN-PDBK tingkat DKI Jakarta.

Enam mata lomba yang diikuti antara lain, kecantikan, hantaran, membatik, merangkai bunga, tata boga, dan kriya kayu.

Baca juga: Kurikulum baru tekankan belajar sampai bisa bukan sekadar tahu

“Alhamdulillah, dari sekian mata lomba, ada enam yang keluar menjadi juara," kata Sukimin.

Sukimin berharap dukungan dari semua pihak, orang tua, siswa dan masyarakat agar perwakilan SLBN 4 DKI Jakarta mendapatkan prestasi di tingkat nasional.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan LKSN-PDBK sebagai salah satu upaya pengembangan minat, bakat dan prestasi peserta didik berkebutuhan khusus dalam bidang keterampilan.

Melalui kegiatan perlombaan itu, diharapkan peserta didik berkebutuhan khusus mampu mengembangkan potensi dan bakat pada keterampilan untuk mencapai kemandirian setelah menyelesaikan pendidikannya.

Baca juga: Jumlah siswa di SLB Negeri 4 Jakarta sudah mencapai 233 orang

Penyelenggaraan LKSN-PDBK tahun ini dilaksanakan secara berjenjang dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional.

Setiap penyelenggaraan lomba memastikan sesuai aturan pemerintah dalam rangka pencegahan penularan COVID-19.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022