Jakarta (ANTARA) - Jenama minuman Es Teh Indonesia sedang diperbincangkan oleh warganet lantaran melayangkan somasi kepada seorang pembeli yang mengkritik minuman yang dia anggap terlalu manis di media sosial Twitter.

Baca juga: Tiga sendok makan gula harus diimbangi olahraga berapa lama?

Pada Minggu (25/9), warganet itu kemudian meminta maaf atas cuitan yang disebut mencemarkan nama baik dan mencela produk dari jenama tersebut sembari melampirkan surat somasi yang dikirimkan dari Es Teh Indonesia.

Lantas, berapa asupan ideal konsumsi gula harian yang aman? Kementerian Kesehatan dalam laman resmi (4/9/19) menyebutkan konsumsi gula untuk setiap individu yang ideal per hari adalah empat sendok makan, yakni 50 gram atau 10 persen dari total energi.

Teliti melihat kandungan gizi dalam label makanan bisa menjadi salah satu cara untuk mengatur asupan gula setiap hari. Saat memasak, rempah-rempah seperti jahe, kayu manis dan pala dapat digunakan sebagai pengganti gula agar makanan tetap terasa lezat.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kementerian Kesehatan dr. Elvieda Sariwati, pada pertengahan Agustus (27/8) dalam diskusi publik daring, menjelaskan konsumsi gula, garam dan lemak yang berlebihan dapat mengakibatkan penyakit stroke dan kardiovaskuler.

Sementara itu, Organisasi masyarakat sipil Center for Indonesia's Strategic Development Initiative (CISDI) menyebut pada Agustus 2022 bahwa peningkatan konsumsi minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) meningkat hingga 15 kali lipat selama dua dekade.

Peningkatan tersebut juga disertai dengan tren yang meningkat pada kasus obesitas dan kelebihan berat badan. Selain itu, penyakit tidak menular (PTM) menjadi tujuh penyebab kematian tertinggi pada 2019, dengan diabetes menempati peringkat ke-3.

Pada dekade lalu, diabetes ada di peringkat keenam. Peningkatan ini disebut CISDI signifikan karena diabetes adalah salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan konsumsi tinggi minuman berpemanis dalam kemasan.




Baca juga: Ahli gizi ingatkan agar lansia batasi asupan GGL

Baca juga: Ikhtiar menolak obesitas sejak usia muda

Baca juga: Penderita diabetes wajib kontrol asupan gula untuk cegah kebutaan

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022