Jakarta (ANTARA) - Petembak Indonesia, Sarah Ayu Tamaela, fokus mempersiapkan diri menghadapi Kejuaraan Dunia IPSC Handgun World Shoot 2022 di Pattaya, Thailand, 16 November-3 Desember.

Sarah punya bekal setelah sukses meraih medali emas kategori Lady Open dalam kejuaraan menembak IPSC French National Optic Sight 2022, di CNTS Chateauroux, Prancis, 16-17 September.

Dalam ajang tersebut, dia mengemas 1.613,2794 poin (77,24 persen). Sarah menang atas petembak Israel Yael Dagan yang berada di urutan kedua dengan 1.359,6264 poin (65,10 persen) dan Olivia Martin asal 1.080,8665 (51,75 persen) di tempat ketiga.

Selain Sarah, Indonesia juga membawa pulang perak dan perunggu, masing-masing melalui Ronny Lukito kategori pada Super Senior Open dan Vincentius Djajadiningrat yang turun pada kategori Production Optics.

Atas pencapaian tersebut, Ketua umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia (PB Perbakin) Joni Supriyanto memberikan apresiasi berupa pelakat dan piagam penghargaan yang diserahkan di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Senin (26/9).

Baca juga: Indonesia boyong tiga keping medali pada kejuaraan menembak di Prancis

Kini, Sarah mengalihkan fokus untuk menghadapi IPSC Handgun World Shoot 2022. Dia mengaku selama tahun ini sudah meninjau lokasi pertandingan.

"Tahun ini, saya dua kali ke sana (Thailand) pada April dan Agustus lalu untuk tes lapangan, mengamati kondisi cuaca, dan lain sebagainya," kata Sarah kepada pewarta.

"Kalau di sana cuacanya panas sekali. Saya juga akan berlomba selama lima sampai enam hari. Jadi harus benar-benar menyiapkan kondisi," ujarnya menambahkan.

Sarah bertekad untuk bisa kembali mengibarkan bendera Merah Putih dalam ajang paling besar untuk tembak reaksi tersebut.

Meski demikian, dia mengungkapkan persaingan tidak mudah. Sebab, petembak kelas dunia juga akan turun dalam ajang tersebut, termasuk Karla Blowers asal Australia.

"Karla Blowers dalam 10 tahun ini mendominasi. Selain itu ada juga dari Amerika Serikat, Filipina, dan lainnya. Saya akan memaksimalkan waktu tersisa untuk berlatih secara intens," kata Sarah yang pekan ini bakal turun dalam Eiger Championship di Bandung, Jawa Barat.

Baca juga: Indonesia tuan rumah kualifikasi petembak Asia menuju Olimpiade Paris
Baca juga: Perbakin bakal seleksi ketat atlet untuk Piala Dunia Menembak 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2022