Ramallah (ANTARA) - Etihad Ayyad, seorang petani berusia 50 tahun dengan enam anak yang berasal dari Kota Jericho, Tepi Barat, baru-baru ini menjadi wanita Palestina pertama yang mendapatkan surat izin mengemudi traktor.

Pada awalnya, orang-orang terkejut melihatnya mengemudikan traktor berukuran besar dan membajak lahan pertanian.

Namun, tak lama setelahnya, Ayyad menjadi ikon bagi kaum wanita setempat karena dia tidak hanya berhasil menyelamatkan lahannya namun juga mendapatkan cukup uang untuk menghidupi keluarganya.

Najah Mohammed, seorang wanita berusia 44 tahun yang bekerja di lahan Ayyad, mengatakan bahwa "bahkan jika para pria meninggalkan lahan itu, kami (para wanita) dapat melindungi diri kami sendiri, lahan kami, sejarah kami, dan masa depan kami."
 
Petani perempuan asal Palestina bernama Etihad Ayyad, yang baru-baru ini memperoleh surat izin mengemudi traktor pertama di wilayah Palestina, sedang mengemudikan traktor di sebuah ladang di Kota Jericho, Tepi Barat, pada 24 September 2022. (Xinhua/Mamoun Wazwaz)
 
Etihad Ayyad memperlihatkan surat izin mengemudi traktor miliknya di sebuah ladang di Kota Jericho, Tepi Barat, pada 24 September 2022. (Xinhua/Mamoun Wazwaz)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2022