Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Yahya Cholil Staquf mengatakan forum Religion of twenty (R20) menjadi momen penting bagi Indonesia untuk menjelaskan fungsi Pancasila dalam merawat harmoni di antara berbagai perbedaan ras, suku,  agama di Indonesia.

"Kita nanti akan presentasikan Pancasila yang menjadi landasan di Indonesia, bagaimana fungsi Pancasila dalam merawat harmoni di antara perbedaan yang ada," ujar Yahya dalam diskusi FMB9 yang diikuti secara daring dari Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan nilai dan semangat yang terkandung dalam Pancasila senafas dengan agenda utama forum R20 yang ingin mendorong pemimpin agama untuk merumuskan gagasan agar agama menjadi bagian dari solusi permasalahan di dunia.

Yahya tak menampik jika saat ini dunia tengah dihadapkan pada sejumlah krisis, salah satunya yang bersinggungan dengan agama. Permasalahan yang muncul tersebut berangkat dari interaksi umat antaragama yang kerap kali tidak terjalin mulus.

Baca juga: PBNU jelaskan alasan undang RSS India ke Forum R20

Baca juga: PBNU: Pancasila-Bhinneka Tunggal Ika dipresentasikan dalam forum R20


"Maka kita nanti akan arahkan, dorong dalam forum itu perihal akar masalah itu. Selanjutnya apa langkah-langkah yang perlu dibenahi dan diselesaikan," kata dia.

Menurut dia, forum R20 tidak hanya sekadar sarana diskusi untuk merefleksikan berbagai problem agama. Lebih dari itu, R20 didesain untuk melahirkan sebuah gerakan untuk mengimplementasikan konsensus yang akan disepakati di forum tersebut.

Adapun nilai moral dan spiritual yang diangkat di antaranya adalah kemanusiaan, merawat jagat, kepedulian lingkungan, keberlangsungan hidup, perdamaian, dan anti-kekerasan. Nilai-nilai universal tersebut, kata dia, memang perlu ditegaskan untuk menjawab segala permasalahan yang tengah terjadi.

"Kita semua sadar ada masalah di Timur tengah, ada masalah di India. Karena kita ingin keluar dari masalah itu, maka kita ingin melakukan engagement dengan pihak-pihak yang bermasalah tersebut, ini peluang yang sedang kami kejar," kata dia.

Forum R20 dilangsungkan sebagai salah satu rangkaian kegiatan menuju peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama yang dipadukan dengan rangkaian kegiatan pendamping Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

R20 rencananya digelar pada 2-3 November di Nusa Dua, Bali, sekira dua pekan sebelum rangkaian puncak KTT G20. Sejumlah tokoh agama dari berbagai belahan dunia akan hadir dalam perhelatan yang pertama kali digelar di Indonesia tersebut.

Baca juga: Presiden Jokowi diundang PBNU hadiri dan buka forum R20

Baca juga: Ketua Umum PBNU: Agenda R20 dorong struktur ekonomi-politik global

 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022