Melalui IHYA, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dapat ikut memperkuat ekosistem ekonomi syariah pada umumnya, dan industri halal khususnya
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menyampaikan Indonesia Halal Industry Award (IHYA) 2022 mampu berkontribusi untuk memperkuat ekosistem ekonomi syariah di Indonesia.

"Melalui IHYA, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dapat ikut memperkuat ekosistem ekonomi syariah pada umumnya, dan industri halal khususnya," kata Menperin pada kick off IHYA 2022 di Jakarta, Jumat.

Menperin menyampaikan IHYA diharapkan dapat menjadi merek untuk kemajuan sektor industri halal Indonesia, sekaligus representasi Visi Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia.

Menperin juga menaruh harapan besar agar IHYA menjadi media untuk meningkatkan citra para peserta agar ke depannya dapat memberikan kontribusi yang lebih besar bagi kemajuan industri halal nasional.

Baca juga: Menperin: Perkembangan industri halal 2 tahun terakhir membanggakan

"Kami juga saat ini berusaha menginisiasi kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan Komite Nasional dan Ekonomi Syariah (KNEKS) untuk program capacity building untuk industri terutama industri halal skala kecil dengan harapan terjadi peningkatan kualitas tidak hanya produk, namun juga organisasi dan skala dari industri," kata Menperin.

Pada kegiatan IHYA 2022 Kemenperin membagi dalam delapan kategori utama yaitu inovasi halal terbaik yang diberikan kepada perusahaan industri, instansi pemerintah, institusi pendidikan tinggi, dan/atau organisasi kemasyarakatan yang melakukan inovasi di bidang industri halal.

Kedua, program sosial kemasyarakatan terbaik yang diberikan kepada perusahaan industri, institusi pendidikan tinggi, dan/atau organisasi kemasyarakatan yang berperan besar dalam pemberdayaan masyarakat di bidang industri halal baik di tingkat daerah maupun nasional.

Ketiga, rantai pasok halal terbaik, diberikan kepada perusahaan industri yang secara konsisten mampu memastikan kualitas bahan baku, bahan penolong, dan atau bahan tambahan yang digunakan berasal dari sumber-sumber yang halal, baik (thoyyib), dan mudah ditelusur.

Baca juga: Gelar Halal Industry Award, Kemenperin libatkan pemangku kepentingan

Keempat, industri kecil terbaik, diberikan kepada perusahaan industri kecil yang secara konsisten menjalankan proses produk halal sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan. Perusahaan juga diharapkan mampu memberdayakan lingkungan dan menggerakkan ekonomi lokal.

Kelima, kawasan industri halal terbaik, diberikan kepada perusahaan kawasan industri yang memiliki komitmen dan inovasi yang berkelanjutan dalam mengembangkan Kawasan Industri Halal.

Keenam, ekspansi ekspor terbaik, diberikan kepada perusahaan industri yang memiliki kinerja ekspor produk halal yang diproduksinya ke lebih dari satu negara dalam dua tahun terakhir.

Ketujuh, program halal terbaik yang diberikan kepada pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota yang memiliki program pemberdayaan industri halal yang berkelanjutan.

Terakhir, dukungan finansial halal terbaik, diberikan kepada lembaga jasa keuangan yang memberikan akses keuangan/program keuangan syariah kepada perusahaan industri dalam rangka mendukung perkembangan industri halal nasional.

Baca juga: Kemenperin: Indonesia potensi besar dalam pengembangan industri halal

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022