Bogor (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-17 Indonesia Bima Sakti mengatakan bahwa skuadnya membutuhkan dukungan dari para suporter di stadion saat berlaga di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor, pada 1-9 Oktober 2022.

"Kami sudah melihat atmosfer penonton di Pakansari saat timnas Indonesia melawan Curacao. Semoga kami tim junior mendapatkan dukungan yang sama," ujar Bima dalam konferensi pers di kawasan Sentul, Bogor, Jumat.

Pada laga persahabatan FIFA Indonesia menghadapi Curacao, Selasa (27/9), ada lebih dari 12 ribu suporter yang menyaksikan langsung pertandingan di Stadion Pakansari.

Baca juga: Indonesia menangi laga persahabatan pertama kontra Curacao 3-2

Bima pun berharap jumlah pendukung Indonesia yang datang ke Pakansari pada Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bisa melebihi total suporter di Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung pada Juli-Agustus di Sleman, Yogyakarta.

Di Piala AFF U-16 itu, pada awal turnamen, jumlah penonton yang hadir di Stadion Maguwoharjo untuk menyaksikan penampilan Indonesia tak sampai dua ribu orang.

Maguwoharjo pun tampak lengang karena kapasitas maksimal stadion tersebut mencapai 31.000 orang.

Namun, jumlah itu perlahan meningkat seiring semakin jauhnya perjalanan Indonesia di turnamen. Pada partai final, di mana Indonesia berhasil menundukkan Vietnam, ada lebih dari 22 ribu suporter yang memberikan dukungan untuk Indonesia di Maguwoharjo.

Baca juga: Suporter Indonesia mulai ramaikan Stadion Maguwoharjo

"Kami berharap mendapatkan banyak dukungan dan memohon doa dari masyarakat agar lolos ke Piala Asia U-17 2023," tutur Bima.

Di Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 Indonesia bergabung di Grup B bersama Malaysia, Palestina, Guam dan Uni Emirat Arab (UEA).

Pada laga pertamanya, Senin (3/10), Indonesia akan melawan Guam. Lalu dua hari kemudian menghadapi UEA, menjajal kekuatan Palestina pada Jumat (7/10) dan, terakhir, bersua Malaysia pada Minggu (9/10).

Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 diikuti oleh 44 negara yang dibagi ke dalam 10 grup.

Nantinya, juara grup dan lima peringkat kedua terbaik berhak tampil di putaran final bersama tuan rumah Piala Asia U-17 2023 Bahrain.

Baca juga: Indonesia fokus ke Kualifikasi Piala Asia U-17 seusai juarai AFF U-16

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2022