Kampala (ANTARA) - KAMPALA, 30 September (Xinhua) -- Enam tenaga kesehatan (nakes) Uganda teruji positif Ebola saat virus itu menyebar ke tiga distrik di wilayah tengah negara di Afrika Timur tersebut.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Uganda Emmanuel Ainebyoona pada Kamis (29/9) mengatakan bahwa para nakes yang terinfeksi tersebut sempat menangani kasus dugaan.
Seorang pekerja medis terlihat setelah mendisinfeksi pusat perawatan Ebola terbatas di Rumah Sakit Regional Mubende di Distrik Mubende, Uganda (21/9/2022). ANTARA/Xinhua/Nicholas Kajoba/aa.


Sebelumnya, Menteri Kesehatan Uganda Ruth Aceng mengatakan bahwa meski terinfeksi, tim tenaga kesehatan tetap berkomitmen dan situasi tetap terkendali.

Saat menyampaikan pidato kepada rakyat Uganda pada Rabu (28/9) malam waktu setempat, Presiden Yoweri Museveni mengumumkan bahwa 24 kasus Ebola telah dikonfirmasi di negara itu, dengan laporan lima kematian.

Uganda mengumumkan wabah Ebola pada 20 September setelah kasus galur Sudan yang langka terdeteksi di Distrik Mubende, sebuah kota di wilayah tengah Uganda. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022