Generasi muda agar bisa menjadi petarung yang kuat
Kupang (ANTARA) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengajak mahasiswa di Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang untuk menjadi generasi tangguh dan adaptif .

"PUPR Goes to Campus ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada generasi muda agar bisa menjadi petarung yang kuat karena kompeten dan profesional, berani karena berintegritas, dan berjiwa seni untuk berinovasi," katanya di Kupang, Sabtu.

Hal ini disampaikan dalam agenda menyapa mahasiswa dalam acara PUPR Goes To Campus di Universitas Nusa Cendana (Undana), Kupang, yang dihadiri oleh ratusan mahasiswa dan puluhan dosen Undana

Acara yang bertajuk "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat dengan Generasi Muda yang Tangguh dan Adaptif" tersebut juga tidak hanya menyajikan Bincang Seru Kisah Inspiratif bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, tetapi juga Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat, Staf Khusus Milenial Presiden RI Billy Mambrasar dan Rektor Undana Maxs U. E. Sanam.

Menteri Basuki, menambahkan untuk menjadi petarung yang tangguh maka jangan pernah berhenti belajar untuk dapat terus beradaptasi dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sangat cepat.

Baca juga: PUPR bangun infrastruktur dasar di 212 daerah hapus kemiskinan ekstrem

Baca juga: Menteri PUPR tinjau kota cerdas di Korsel untuk diterapkan di IKN


"Pintar saja tidak cukup namun juga harus memiliki akhlakul karimah," ujarnya.

Basuki mengimbau sejumlah mahasiswa yang hadir untuk menjadi petarung. Bertarung untuk bisa mendapatkan beasiswa sekolah sampai setinggi-tingginya. Sebab lanjut dia sekolah mengubah jalan hidup seseorang.

"Jadi jangan lelah sekolah. Yakinlah anda bisa bersaing untuk terus mendapatkan beasiswa sekolah bahkan hingga ke mancanegara," pesannya.

Menteri Basuki mengatakan bahwa pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo saat ini berfokus untuk mencetak Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, di samping terus melanjutkan pembangunan infrastruktur.

Sejumlah infrastruktur telah dibangun untuk pengembangan NTT diantaranya yang telah selesai yakni Bendungan Raknamo, Bendungan Rotiklot, Bendungan Napun Gete, Jalan Sabuk Merah Kawasan Perbatasan Indonesia-Timor Jembatan Petuk Kupang, PLBN Wini Atambua, dan Penataan Labuan Bajo.

Rektor Universitas Nusa Cendana Kupang Maxs U. E. Sanam dalam sambutannya, mengucapkan terima kasih atas acara yang digagas oleh Kementerian PUPR.

Menurutnya tema acara itu, sangat berkaitan dengan program kampus merdeka belajar dan program kampus Undana untuk menciptakan mahasiswa yang unggul yang dapat beradaptasi di tengah era teknologi digital.

"Kami mendukung sekali tema ini, para mahasiswa sangat antusias, mahasiswa yang hadir memenuhi ruangan auditorium Undana. Terima kasih telah memilih Undana untuk program PUPR Goes to Campus kali ini," kata Maxs.

Pantauan ANTARA, acara Bincang Seru yang digelar di Auditorium Undana Kupang, diikuti dengan antusias oleh peserta.

Baca juga: Undana bantu 205 paket alat tulis untuk pelajar di pedalaman NTT


 Baca juga: Sebanyak 1.565 pekerja dilatih jelang "groundbreaking" IKN
 

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022