Beijing (ANTARA) - Beijing National Stadium, lokasi dua olimpiade di Cina sekaligus dikenal sebagai Bird's Nest (Sarang Burung), mulai membuka tur untuk publik, Sabtu (1/10).

Obor, maskot, plakat kepingan salju, lampion berbentuk merpati, serta benda-benda ikonik lainnya dipamerkan di lantai dasar aula bangunan tersebut. Sementara itu, berbagai peralatan kompetisi dan properti upacara pembukaan Olimpiade Beijing 2008 dipamerkan di sebuah area yang terletak di lantai lima.

Skywalk yang berada di bagian atas Beijing National Stadium juga dibuka untuk wisatawan. Di lokasi tersebut, mereka dapat mengunjungi platform obor Olimpiade Beijing, melihat alat untuk menyalakan kembang api di Olimpiade Musim Dingin Beijing, serta menikmati pemandangan area inti Beijing Olympic Park dan Beijing Central Axis dari ketinggian.

Para wisatawan juga dapat mengunjungi "terowongan" di bagian tengah Beijing National Stadium yang berfungsi untuk menampilkan berbagai properti inti dalam upacara pembukaan dan penutupan Olimpiade Beijing 2008 dan 2022.

Ruang underground stadion itu akan dibangun menjadi pusat kebugaran, sedangkan area ground akan direstorasi menjadi lapangan rumput dan trek untuk penggunaan pasca-Olimpiade, demikian menurut tim operasional venue tersebut.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022