Kejadian ini tidak terulang lagi di masa-masa akan datang
Jakarta (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar mengajak staf kementeriannya untuk melakukan shalat ghaib dan mendoakan korban atas insiden di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10).

"Saya bersama pejabat eselon satu dan eselon dua akan bersama-sama melaksanakan shalat ghaib. Bagi yang berkesempatan agar bisa ikut," ujar Mendes PDTT di sela konferensi pers di Jakarta, Senin.

Dalam kesempatan itu, ia pun menyampaikan belasungkawa dan duka cita mendalam atas tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur usai laga Arema menghadapi Persebaya yang menyebabkan ratusan orang meninggal.

"Kita turut berduka, karena kita mendapat musibah skala nasional bahkan internasional yang cukup menghebohkan dan cukup memprihatinkan," tuturnya.

Ia berharap agar kejadian maut yang melibatkan banyak suporter itu tidak kembali terulang pada momen-momen apapun di masa depan.

Baca juga: Kemenkes perbarui data korban luka tragedi Kanjuruhan jadi 284 orang

Baca juga: Kapolri sampaikan dukacita atas tragedi Kanjuruhan


"Kita berdoa agar kejadian ini tidak terulang lagi di masa-masa akan datang," katanya.

Ia menyampaikan, kementeriannya juga sedang memantau perangkat desa bila ada yang menjadi korban. "Semoga tidak ada korban dari perangkat desa," ucapnya.

Secara terpisah, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyampaikan bahwa pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) untuk mengusut tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Sabtu (1/10) malam.

"Untuk mengungkap kasus atau peristiwa Kanjuruhan yang terjadi pada tanggal 1 Oktober 2022, pemerintah membentuk tim gabungan independen pencari fakta atau TGIPF," kata Mahfud.

Adapun tim ini, lanjutnya, dipimpin langsung oleh dirinya dan melibatkan anggota dari unsur pejabat atau perwakilan kementerian terkait, organisasi profesi olahraga sepak bola, pengamat, akademisi, dan media massa.

Mahfud pun menyampaikan bahwa para anggota TGIPF akan diumumkan paling lama dalam waktu dua puluh empat (24) jam ke depan. Tim tersebut selanjutnya akan menyelesaikan tugas mereka dalam mengusut tragedi Kanjuruhan dalam kurun waktu antara dua sampai tiga minggu ke depan.

Baca juga: Tragedi Kanjuruhan dan pentingnya menghidupkan budaya cangkrukan
​​​​​​

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022