ruangan psikolog itu salah satu tempat paling safe di dunia
Jakarta (ANTARA) - Psikolog dari Ikatan Psikolog Klinis Indonesia M. Ari Wibowo mengatakan bahwa kondisi sehat mental harus dipelihara, salah satunya dengan menemui psikolog kapan saja tanpa harus menunggu masalah membesar terlebih dahulu.

"Kondisi sehat (mental) itu harus dipelihara. Jadi bicara soal self care, ke psikolog mah kapan saja," kata Ari dalam acara bincang-bincang mengenai kesehatan mental yang diikuti secara daring dari Jakarta, Senin.

Menurut Ari, menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik guna mencegah hal-hal yang buruk. Apalagi, kata dia, masalah mental biasanya tak terlihat oleh mata sehingga seringkali diabaikan, berbeda dengan masalah fisik yang bisa dilihat melalui pemeriksaan di laboratorium.

"Kalau COVID-19 ada swab, tekanan darah ada tensi. Tapi buat stres, depresi, trauma, itu kan enggak ada cek labnya. Artinya, karena mungkin enggak kelihatan jadi kita enggak terlalu aware. Yang kita hadapi itu pikiran dan perasaan," ujar Ari.

Baca juga: Konseling daring bisa jadi awal baik untuk atasi masalah psikologis
Baca juga: Terapi atasi kecemasan remaja pada masa pandemi

Ia mengungkap, biasanya orang baru menyadari ada yang tidak beres mentalnya, kalau  sudah parah, akibat terlambat berkonsultasi ke profesional sehingga membuat pasien harus menjalani terapi yang lebih lama.

"Jadi kalau ada pertanyaan kapan ke psikolognya? Ya kapan aja lah, masa nunggu sakit. Tapi kalau pakai pedoman yaitu ketika Anda merasa aktivitas sehari-hari terganggu, misalnya tidur enggak enak, bangun enggak segar, mudah capek, kerja enggak fokus, kalau mengobrol dengan teman atau pasangan jadi sumbu pendek, mudah marah, apatis," tutur Ari.

Ia pun memastikan bahwa ruangan psikolog adalah salah satu tempat paling aman di dunia karena psikolog akan selalu mendengarkan klien dengan baik.

"Anda perlu tahu, ruangan psikolog itu salah satu tempat paling safe di dunia. Berani jamin saya. Karena sering kali rumah kita itu TKP-nya. Banyak klien saya yang baru datang sudah merasa safe," ujar Ari.

Baca juga: Studi: terapi daring bisa bantu tangani depresi

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022