Sorong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, menambah satu kapal untuk melayani rute pelayaran Sorong-Waisai guna memberikan kemudahan transportasi bagi masyarakat dan wisatawan.

Wakil Bupati Raja Ampat, Orideko I Burdam di Pelabuhan Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat, Senin, meresmikan beroperasinya Kapal Express Priscilia 99 untuk melayani transportasi masyarakat dan wisatawan ke Raja Ampat.
 
Pelayaran perdana dengan rute Waisai dengan tujuan Kota Sorong pada Senin sore gratis atau tanpa biaya bagi seluruh lapisan masyarakat.

Wakil bupati mengatakan, pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada PT Fajar Indah Lines yang menghadirkan armada baru untuk melayani masyarakat dan wisatawan ke Raja Ampat.

Dia mengatakan, kehadiran Kapal Express Priscilia 99 sangat membantu Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat dalam menyediakan sarana transportasi yang memadai dan lancar bagi wisatawan serta masyarakat.

Baca juga: Raja Ampat sosialisasi regulasi baru di kawasan konservasi perairan
Baca juga: Enam destinasi seru yang wajib dikunjungi di Indonesia

Pariwisata Raja Ampat mulai bangkit setelah pandemi virus corona (COVID-19). Wisatawan mulai berdatangan mengunjungi Raja Ampat sehingga adanya armada baru Express Priscilia 99 diyakini dapat meningkatkan jumlah kunjungan.

Semakin banyak pilihan transportasi dan pelayanan yang berkualitas akan menunjang pula jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Raja Ampat.

"Dengan semakin banyak kunjungan wisatawan ke Raja Ampat maka pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah tersebut akan meningkat pula," kata wakil bupati.

Raja Ampat adalah kabupaten di Provinsi Papua Barat dengan julukan "surga kecil yang jauh ke bumi". Raja Ampat terkenal sebagai destinasi wisata indah yang sudah terkenal di berbagai belahan dunia.

Untuk menjangkau Kabupaten Raja Ampat di kawasan Indonesia timur itu, baik saat datang maupun pulang, wisatawan harus transit di daerah tetangga, yakni Kota Sorong.​​​​​
 

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022