Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan penghargaan BKN Award 2022 dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) karena berkomitmen dalam meningkatkan layanan kepegawaian.

Kepala Kantor Regional VIII BKN A. Darmuji di Palangka Raya, Selasa, mengatakan penghargaan tersebut diberikan terhadap kinerja Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Tengah atas capaian Special Mention Komitmen Pelayanan Kepegawaian BKN.

"Penghargaan ini artinya menggambarkan komitmen dari pemerintah provinsi untuk meningkatkan pelayanan kepegawaian. Komitmen ini diwujudkan dengan memberi fasilitas adanya UPT untuk membantu mengoptimalkan pelayanan kepegawaian di seluruh wilayah Kalteng," kata Darmuji.

Dia menyebutkan lima kategori dalam penilaian untuk ajang prestasi dan implementasi manajemen ASN. Kategori itu ialah perencanaan kebutuhan ASN; pengadaan mutasi dan pensiun; penilaian kompetensi dan kinerja; pemanfaatan data dan sistem informasi, serta pemanfaatan computer assisted test (CAT); serta pengawasan dan pengendalian manajemen ASN.

"Tujuan BKN Award adalah mengapresiasi instansi mitra kerja BKN yang telah bersungguh-sungguh menerapkan manajemen ASN dengan baik," jelasnya.


Baca juga: Kemenkumham raih penghargaan BKN Award tentang manajemen kepegawaian

Dalam ajang BKN Award 2022, selain Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, ada pula dua kabupaten di provinsi tersebut yang mendapat penghargaan, yaitu Kabupaten Katingan dan Barito Selatan.

Kabupaten Katingan mendapatkan penghargaan atas capaian Implementasi Penerapan Manajemen Kinerja, sedangkan Kabupaten Barito Selatan meraih penghargaan atas capaian Penerapan Pemanfaatan Data Informasi dan CAT.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Kalteng Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Suhaemi mengatakan pihaknya berterima kasih dan merasa bangga atas keberhasilan mendapatkan tiga penghargaan tersebut.

"Kami berharap dengan keberhasilan meraih penghargaan dari BKN ini, memperkuat semangat dan komitmen bersama untuk terus mendorong transformasi manajemen ASN menuju birokrasi yang lincah, inovatif, transparan, dan profesional," kata Suhaemi.

Pada akhirnya, menurut dia, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah mampu semakin optimal menghadirkan pelayanan prima bagi masyarakat, terlebih menghadapi berbagai tantangan di era globalisasi dan digitalisasi serta pandemi COVID-19.

"Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi BKD, BKPP, maupun BKPSDM kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah. Saya berpesan prestasi yang telah dicapai jangan membuat berpuas hati, terus lakukan terobosan dan inovasi untuk kemajuan Kalimantan Tengah dan Indonesia," ujar Suhaemi.


Baca juga: Kemenkumham sabet dua penghargaan BKN Award 2022

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022