Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, bersama Pemerintah Kota Niihama, Jepang meningkatkan kerja sama dalam pengelolaan sumber daya alam (SDA) berkelanjutan, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) dan tenaga kerja terampil.

"Kedatangan kami hari ini merupakan realisasi dari perencanaan yang sudah mengalami beberapa kali proses, dimulai dari pertemuan daring sampai dengan pertemuan hari ini. Kami bersyukur bisa terealisasi dan bertatap muka dengan seluruh pemangku kepentingan daerah Kubu Raya," kata Wakil Wali Kota Niihama, Jepang, Kato Tatsuhiko, saat melakukan kunjungan kerja di Kantor Bupati Kubu Raya, Kecamatan Sungai Raya, Kalbar, Selasa.

Kato Tatsuhiko mengungkapkan rencana hubungan kerja sama Pemerintah Kota Niihama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya berawal dari keberadaan perusahaan Sumitomo Forestry di Kabupaten Kubu Raya. Grup Sumitomo, ujar Kato, berasal dari daerah Niihama di Prefektur (Provinsi) Ehime Jepang.
Baca juga: Indonesia-Jepang sepakati kerja sama bisnis biomassa Rp2,1 triliun

Terkait kerja sama peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan tenaga kerja terampil, Kato mengungkapkan Niihama membutuhkan tenaga kerja asing khususnya untuk industri manufaktur dan panti lansia.

Untuk itu, Pemkot Niihama menyatakan telah menyiapkan dukungan fasilitas pelatihan bahasa Jepang bagi tenaga kerja asing yang datang ke Niihama.

"Kiranya dapat didorong pengiriman tenaga kerja terampil dari Kubu Raya ke Jepang, khususnya guna mendorong pertumbuhan ekowisata dan peningkatan industri pengolahan,” harap Kato Tatsuhiko.
Baca juga: BRIN jajaki kerja sama pengembangan sensor dengan Murata Jepang

Di tempat yang sama, Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan yang menerima langsung kunjungan Wakil Wali Kota Niihama, Jepang, Kato Tatsuhiko, mengatakan, pertemuan tersebut dilakukan sebagai langkah awal di dalam merealisasikan kerja sama bisnis di antara Kabupaten Kubu Raya dan Kota Niihama.

"Kerja sama tersebut yakni terkait pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan tenaga kerja terampil," kata Muda.

Sebagai bupati, Muda Mahendrawan mengapresiasi kehadiran Wakil Wali Kota Niihama di Kubu Raya. Menurutnya, hal itu menunjukkan keseriusan Pemerintah Kota Niihama dalam menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya.

"Kami berterima kasih dan bangga bahwa dari Pemerintah Kota Niihama betul-betul serius dan membuktikan hadir demi menjalin hubungan. Ini tentu menjadi peluang bersama karena yang dikejar oleh kedua pemerintah daerah ini adalah membuka peluang untuk masyarakat di daerah masing-masing," kata Muda.

Baca juga: RI-Jepang perkuat kerja sama industri di forum bilateral dan regional

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022