Jakarta (ANTARA) - Industri manufaktur informasi elektronik China mencatatkan peningkatan stabil dalam hal produksi, pendapatan, ekspor, dan investasi selama periode Januari-Agustus 2022, tunjuk data resmi.

Nilai tambah perusahaan-perusahaan utama di sektor itu meningkat 9,3 persen secara tahunan (year on year/yoy) selama periode tersebut, tercatat 5,7 poin persentase lebih tinggi dari pertumbuhan keseluruhan untuk semua industri, menurut Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China.

Nilai pendapatan operasional gabungan dari perusahaan-perusahaan tersebut mencapai 9,52 triliun yuan (1 yuan = Rp2.149) dalam delapan bulan pertama 2022, naik 7,6 persen (yoy), papar data itu.

Selama periode yang sama, perusahaan-perusahaan tersebut juga melaporkan peningkatan total nilai pengiriman ekspor sebesar 6,2 persen (yoy), kata pihak kementerian.

Para produsen sektor informasi elektronik utama China adalah perusahaan-perusahaan yang membukukan pendapatan bisnis utama tahunan masing-masing minimal 20 juta yuan.

Sementara itu, nilai investasi aset tetap (fixed-asset investment) pada sektor tersebut melonjak 18,7 persen (yoy) selama delapan bulan pertama 2022, 8,2 poin persentase lebih tinggi dari angka semua industri dalam periode yang sama. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022