Palangka Raya (ANTARA) -
Komandan Korem 102 Panju Panjung (102/Pjg) Brigjen TNI Yudianto Putrajaya menerima gelar Adat Dayak saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-77 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di halaman makorem setempat.

"Gelar Adat Dayak ini kami berikan karena Danrem dipercaya dan mampu memperkokoh keamanan dan turut membangun di bumi Kalimantan Tengah," kata Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalimantan Tengah Agustiar Sabran di Palangka Raya, Rabu.

Gelar Adat Dayak yang diterima Danrem 102 Panju Panjung selengkapnya adalah "mantir hai panambahan antang baputi karambang lewu, mandereh danum pananggak rundung hapamantai tambun, tisan mandui asep sandawa laut nyaruntai paluru barantai".

"Melalui momen pemberian gelar Adat Dayak dan peringatan HUT Ke-77 TNI ini kami juga berharap TNI makin kuat, terus bersinergi dengan pemerintah serta makin dekat dengan rakyat sehingga makin membawa Kalteng makin berkah," kata Agustiar.

Pernyataan itu diungkapkan pria yang juga anggota DPR RI asal Daerah Pemilihan Kalteng itu di sela acara peringatan HUT Ke-77 TNI di halaman Makorem 102 Panju Panjung, Kota Palangka Raya. Turut hadir Wakil Gubernur Edy Pratowo, unsur forkopimda di Kalteng, serta lainnya.

Sementara itu, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya mengatakan bahwa mendapat kehormatan tinggi dari masyarakat Dayak di Kalimantan Tengah melalui DAD yang memberikan gelar adat.

"Saya pun berkomitmen untuk menjaga budaya Dayak Kalimantan Tengah terus melestarikan sampai kepada anak cucu sehingga tidak punah ditelan waktu dan perkembangan zaman," kata Danrem.

Sebelumnya, saat menjadi Inspektur Upacara HUT TNI, Yudianto juga membacakan amanat Panglima TNI yang menyebutkan hasil dari beberapa lembaga survei bahwa TNI mendapat kepercayaan tertinggi dari masyarakat.

Hasil survei lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) pada tanggal 24 Juni 2022, TNI mendapatkan kepercayaan dari publik sebesar 93,2 persen.

Lembaga survei lainnya, Centre of Strategic and International Studies (CSIS) pada tanggal 27 September 2022, merilis hasil survei dukungan dan kepuasan kinerja TNI terhadap demokrasi sebesar 93,5 persen.

Ia meminta seluruh prajurit dan PNS TNI di jajaran Korem 102 Panju Panjung selalu menjaga kepercayaan masyarakat tersebut dengan bertindak dan berucap sesuai dengan tugas pokok TNI.

Sementara itu, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang turut hadir pada acara tersebut mengharapkan peningkatan kesejahteraan personel TNI dan menjadi salah satu perhatian utama.
 
"TNI kuat maka negara akan makin berdaulat dan bermartabat," kata Sugianto.

Baca juga: Presiden Jokowi dapat anugerah gelar adat Kesultanan Ternate
Baca juga: Panglima TNI dan tiga kepala staf angkatan ziarah ke tokoh nasional

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2022