Jakarta (ANTARA) - Komandan Komando Distrik Militer 0502 Jakarta Utara Kolonel Infanteri Frega Wenas Inkiriwang mengatakan, penggunaan logo baru Kodim setempat menandakan prajurit TNI yang luwes berinteraksi dengan masyarakat.

Hal itu sesuai tema perayaan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI di Jakarta, yakni "TNI adalah Kita".

"Jadi adanya lingkaran hijau pada logo baru itu menggambarkan keluwesan, fleksibilitas. Sebagai satuan komando kewilayahan yang berinteraksi dengan masyarakat, kami harus fleksibel," ujar Frega saat perayaan HUT ke-77 TNI di Markas Kodim 0502 Jakarta Utara, Rabu.

Frega mengatakan, sinergi yang terjalin bersama masyarakat selama dua hingga tiga tahun Indonesia terdampak pandemi COVID-19 perlu terus dipertahankan untuk menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan keselamatan bangsa.

"Pada logo baru juga terdapat gambar burung garuda dan merah-putih. Di situ menggambarkan ciri khas Indonesia. Bahwa kita adalah bangsa Indonesia dengan keberagamannya, tentunya tetap tegak pada ideologi negara, Pancasila," kata Frega.

Tentunya, kata dia, lingkaran pada logo juga utuh. Di situ menjadi penanda adanya pendekatan dan keintiman, sebagai satu kesatuan anggota Kodim 0502 Jakarta Utara baik militer dan PNS.

Harapannya bisa terus guyub, solid dan menyatu sebagai satu tim. "Jadi saya memilih lingkaran, lingkaran yang bulat begitu. Kalau lingkaran itu kan penuh ya, jadi enggak ada batasnya," ujar Frega.

Baca juga: Kodim 0502 Jakarta Utara gerebek 'stunting' warga Semper Barat
Baca juga: Kodim 0502 Jakarta Utara salurkan BLT minyak goreng kepada warga

Kemudian pada logo baru Kodim 0502 Jakarta Utara ada gambar perahu phinisi dan perairan sebagai penggambaran wilayah Jakarta Utara yang awal mula kotanya merupakan pelabuhan yang berkembang, serta Kepulauan Seribu yang juga wilayah perairan.

Perahu phinisi itu menggambarkan karakteristik wilayah Kodim 0502 Jakarta Utara ini.

Kemudian paling terakhir, tentunya ada komposisi logo yang modern. Dari pemilihan bentuk hurufnya, kemudian warna, menandakan bahwa Kodim 0502 Jakarta Utara bersedia beradaptasi dengan tren yang ada sehingga harapannya prajurit bisa menyikapi segala perubahan yang ada di masyarakat.

Apalagi kondisi saat ini, dengan adanya krisis Rusia-Ukraina yang membawa dampak perubahan secara global. Kodim 0502 Jakarta Utara mesti terus solid dan bisa terus optimal berkontribusi kepada negara dan bangsa, serta bersinergi dengan Pemerintah Daerah, dan Kepolisian Republik Indonesia.

"Ini yang akan terus kami pertahankan karena tentunya untuk Indonesia. Mendukung apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat sebagai instrumen negara, bekerjasama dengan pihak lain, untuk menjaga stabilitas, dan tentunya mendukung setiap program yang diamanatkan oleh pemerintah," kata Frega.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022