Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan menyebut Kecamatan Kebayoran Baru mencapai wilayah dengan vaksin Pnemococcal Conjugate Vaccine (PCV) tertinggi di antara seluruh kecamatan.

"Kecamatan Kebayoran Baru menjadi wilayah capaian tertinggi yakni 20,45 persen dengan jumlah bayi yang divaksin sebanyak 159 dari 777," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan Yudi Dimyati saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Pemkot sebut wilayah Taman Sari capai sebaran vaksin PCV tertinggi

Tingginya sebaran vaksin di Kecamatan Kebayoran Baru ini disusul dengan Kebayoran Lama, yakni 109 dari 1648 bayi, lalu Kecamatan Tebet mencapai 102 dari target sasaran 1193 bayi.

Sementara itu, untuk sebaran vaksin terendah di antara seluruh wilayah Jakarta Selatan berada di Kecamatan Jagakarsa mencapai 25 dari 1816 jumlah bayi yang divaksin.

Adapun 758 bayi dari 10 kecamatan Jakarta Selatan sudah mendapat vaksin PCV dari target sasarannya, yakni 11.972.

Menurut Yudi, faktor yang menjadikan Kecamatan Kebayoran Baru mendapat pencapaian sebaran PCV lantaran telah melaksanakan BIAN terlebih dahulu.

"Penyebaran vaksin PCV ini juga menyesuaikan dengan petugas dan kesiapan tim lintas sektor yang membantu seperti kader posyandu atau kesehatan," tuturnya.

Baca juga: 3.903 bayi di Jakarta Pusat terima vaksin PCV

Yudi menambahkan tujuan program pemberian vaksin PCV ini untuk melindungi dan mencegah angka kematian anak-anak dari pneumonia (peradangan paru-paru) akibat infeksi.

Ia juga memastikan vaksin PCV gratis untuk semua warga.

Oleh karena itu, Yudi dan jajaran mengimbau masyarakat agar mau membawa anaknya yang berusia dua bulan untuk menerima vaksin.

Warga bisa mendapatkan vaksin tersebut di seluruh rumah sakit ataupun puskesmas yang ada di seluruh kecamatan Jakarta Selatan.

Tidak hanya di fasilitas kesehatan milik pemerintah, warga juga bisa mendapatkan vaksin tersebut di bidan ataupun dokter umum.

Baca juga: 327 anak di Jaksel sudah terima vaksin PCV

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022