Jakarta (ANTARA) - Forum Business 20 (B20) membahas empat rekomendasi kebijakan ekonomi inklusif yang akan disampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yaitu perdagangan bebas (free trade), ekonomi digital, inklusifitas, dan ekonomi hijau .

“Presidensi G20 Indonesia diharapkan dapat menghasilkan terobosan yang dapat membantu pemulihan ekonomi dunia setelah pandemi COVID-19,” kata Chair Trade & Investment Task Force B20 Arif Rachmat dalam keterangan resmi, Jakarta, Jumat.

Adapun aspek rekomendasi ekonomi inklusif ialah memastikan investasi bisnis memberi dampak positif bagi semua pihak, termasuk melibatkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam rantai nilai global. Para UMKM akan diberdayakan melalui peningkatan keahlian serta perluasan akses terhadap keuangan, pasar, dan teknologi.

Baca juga: UI soroti 3 isu prioritas dalam Policy Brief Presidensi G20

Forum B20 juga sedang mempersiapkan berbagai program warisan yang diharapkan dapat dijalankan oleh perusahaan-perusahaan anggota B20, serta dapat diteruskan pada presidensi selanjutnya.

Salah satu program warisan yang digagas adalah kemitraan dengan UMKM melalui skema Inclusive Closed Loop untuk menjadikan UMKM sebagai fokus utama dalam menggerakkan ekonomi di Indonesia dan global. Selain itu kolaborasi antara pemerintah dengan pihak swasta juga merupakan kunci utama dalam pemulihan ekonomi.

Co-Chair Trade & Investment Task Force B20 Dr Juan José Daboub menyampaikan urgensi pelibatan komunitas bisnis dalam B20 bertujuan agar suara pihak swasta didengar demi terwujudnya kebijakan yang lebih baik.

Baca juga: Forum B20 hasilkan warisan program bisnis berkelanjutan

“Forum ini mendukung target Presidensi G20 Indonesia terkait peran nyata pelaku bisnis untuk mendorong transformasi digital, serta memperluas akses UMKM agar dapat bersaing dan menjadi bagian dari rantai pasok global melalui skema Inclusive Closed Loop,” ujarnya.

Peran berbagai korporasi disebut telah membantu perkembangan bisnis dan meningkatkan daya saing UMKM.

Baca juga: Forum B20 dorong kolaborasi publik dan swasta jalankan transisi energi
Baca juga: Menaker apresiasi pernyataan bersama B20 dan L20 di forum G20


Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022