Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengundang para pakar perencanaan wilayah untuk belajar soal konsep hunian di Kampung Gembira Gembrong, Jakarta Timur.

Anies mengatakan bahwa revitalisasi Kampung Gembira Gembrong yang telah selesai itu dapat dijadikan referensi bagi wilayah lain dalam membangun perkampungan yang modern dan ramah lingkungan.

Baca juga: Pembangunan Kampung Gembira Gembrong usung konsep "Zero Run-Off"

"Saya ingin mengundang kepada para pakar, para perancang wilayah, untuk datang ke tempat ini. Jadikan pembelajaran bagi tempat-tempat lain di manapun juga," kata Anies Baswedan di Jakarta, Jumat.

Anies menambahkan konsep revitalisasi permukiman Kampung Gembira Gembrong juga bisa diterapkan ke wilayah perkampungan lainnya yang ada di Jakarta.

Anies juga berpesan kepada warga Kampung Gembira Gembrong untuk menyambut dengan ramah seluruh pihak yang ingin datang untuk belajar di permukiman tersebut.

"Kalau ada nanti orang mau belajar ke sini dibantu dijelaskan. Tunjukkan pada mereka proses bangunnya gimana supaya kita belajar kalau ada Kampung kumuh dan padat itu kampung Gembrong dahulu," ujar Anies.

Baca juga: Anies Baswedan minta warga Kampung Gembira Gembrong bangun kekompakan

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Gembira Gembrong yang berada di Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, usai direvitalisasi akibat kebakaran pada 25 April 2022.

Total terdapat 138 rumah warga korban kebakaran Pasar Gembrong yang direvitalisasi menggunakan dana Baznas-Bazis DKI Jakarta dengan anggaran Rp7,8 miliar tersebut.

Pembangunan kembali permukiman itu dimulai sejak bulan Juli 2022 dengan mengusung konsep pengembangan daerah tepian air (water front city).

Tak hanya permukiman warga, namun di tempat tersebut juga dibangun ruang terbuka ramah anak hingga fasilitas untuk lansia.

Baca juga: Warga Kampung Gembira Gembrong diminta giatkan gotong royong

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022