Sangihe, Sulut (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, mencatat sampai hari ini kasus aktif positif COVID-19 di daerah itu menjadi 12 orang setelah ada penambahan dua orang pada hari Kamis.

"Saat ini ada 12 orang warga masyarakat yang terdeteksi positif COVID-19 dan menjalani isolasi setelah terjadi penambahan dua kasus pada hari Kamis di Kecamatan Tahuna Barat dan Tabukan Utara," kata Kadis Kesehatan Sangihe, Handry Pasandaran di Tahuna, Jumat.

Menurut dia, kasus positif COVID-19 merupakan warga masyarakat yang ada di enam kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Kasus positif COVID-19 di Sangihe tersebar di Kecamatan Tabukan Utara (4), Tahuna (1), Tahuna Barat (1), Tabukan Tengah (1) dan Manganitu (4) dan Nusa Tabukan (1).

Baca juga: Delapan pasien positif COVID-19 di Sangihe-Sulut masih diisolasi

Baca juga: Dinkes: 17 orang warga Kabupaten Sangihe positif COVID-19


Secara keseluruhan terdapat 1.883 kasus COVID-19, pasien yang sudah sembuh sebanyak 1.824 dan yang meninggal dunia 47 orang sedangkan yang masih menjalani perawatan atau isolasi ada 12 orang.

Dengan bertambahnya dua kasus, tim dinas Kesehatan segera melakukan penelusuran, testing dan perawatan kasus yang kontak erat dengan pasien.

Sekretaris Satgas penanganan COVID-19 Kabupaten Sangihe, Wandu Labesi mengatakan bertambahnya kasus menandakan bahwa COVID-19 masih ada dan masyarakat diimbau untuk semakin memperketat penerapan protokol kesehatan.

Kesadaran setiap masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan bertujuan menjaga diri dan keluarga serta sesama agar tidak terjangkit COVID-19 dan penyakit lainnya.

"Selain memperketat penerapan protokol kesehatan, masyarakat juga diimbau untuk melaksanakan vaksinasi lengkap guna meningkatkan kekebalan tubuh," kata dia.*

Baca juga: Dinkes: Tidak ada warga Sangihe yang terkonfirmasi positif COVID-19

Baca juga: Dinkes Sangihe catat angka kesembuhan dari COVID-19 capai 97,37 persen

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022